Mohon tunggu...
Lindung Silaban
Lindung Silaban Mohon Tunggu... Guru - Guru dan penulis

Saya seorang guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata 3.3.a.10

15 Juli 2022   10:02 Diperbarui: 15 Juli 2022   10:06 51 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Oleh Lindung Silaban

Aksi nyata pada modul 3.3.10 ini, saya menyusun program pemanduan bakat anak melalui program ekstrakurikuler. Saya akan menyajikannya menggunakan model 4F (fact,feeling,finding,future).

1. Fact ( Peristiwa )

A. Latar Belakang

Dalam penerapan merdeka belajar bagi siswa, sekolah harus mampu sebagai wadah menggali ilmu dan tumbuh kembang siswa. Maka kami menerapkan pendidikan yang berpusat pada anak. pendidkan yang berpusat pada anak adalah pendidikan yang dapat menampung dan mengeksplorasi minat dan bakat anak.  tentu semua program yang disusun jua berpihak pada pada peserta didik di sekolah.

Menggali minat dan bakat anak ini diperlukan kerja sama dari orangtua, anak itu sendiri dan semua tenaga pendidik atau guru. Berlandaskan itu, kami menampung pendapat siswa mengenai dirinya. Hal ini dinamakan menampung suara ( Voice ). Dengan cara demikian dapat menumbuhkan kepemimpinan siswa untuk berani menyatakan apa yang ia butuhkan dan diinginkan. Kemudian diberikan kemandirian untuk memilih apa yang tepat bagi diri mereka (choice).

 Dengan memberikan kesempatan mereka untuk memilih ekstrakurikuler yang tepat, secara langsung mereka merasa memiliki( Ownership).  

Selain mendengarkan pendapat dari siswa, kami juga mengumpulkan orangtua siswa untuk mendengarkan pendapat mereka tetang kebutuhan minat dan bakat anaknya.

B. Hasil Aksi Nyata

            Setelah kami sebagai pihak sekolah menampung suara dari siswa dan orangtua, maka kami menyimpulkan ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksankaan di sekolah, yaitu, Ekstrakurikuler Karate, Catur, bola basket, Renang, atletik, Tari, Bercerita dan sepak bola.

            Ekstrakurikuler dibina guru dan orangtua siswa. Kegiatan dilaksanakan setelah pulang sekolah. berikut dokumentasi kegiatan ekstrakurikuler.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan