Mohon tunggu...
Linda Kurnia
Linda Kurnia Mohon Tunggu... a lecturer, a mother, a fighter

Saya adalah Dosen di Universitas swasta di Jawa Timur, Universitas Panca Marga Probolinggo. Saya lahir di Sampang, 21 Juli 1988.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pengolahan Limbah Rumah Tangga (Air Leri) Menjadi POCa di Kabupaten Probolinggo

12 September 2019   12:13 Diperbarui: 12 September 2019   15:39 0 0 1 Mohon Tunggu...
Pengolahan Limbah Rumah Tangga (Air Leri) Menjadi POCa di Kabupaten Probolinggo
dokpri

PROBOLINGGO -- Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seorang dosen hendaknya dapat diaplikasikan secara komperhensif sesuai bidang ilmunya. Terlebih, dosen memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Panca Marga (UPM) Kabupaten Probolinggo berinisiatif melakukan pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan memperkenalkan teknologi pengolahan limbah air cucian beras menjadi pupuk POCa (red: Pupuk Organik Cair).

Tiga orang dosen, yakni Linda Kurnia S, S.Pd., M.Pd. (Dosen Fakultas Teknik) dan Rofikha Nuriyanti, S.Pd., M.Pd. (Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan Adi Sutrisno (Dosen Fakultas Sastra dan Filsafat) melakukan pengabdian kepada masyarakat yang bertajuk "PKM PENGOLAHAN LIMBAH RUMAHTANGGA (AIR LERI) MENJADI POCA OLEH IBU-IBU PKK DI DESA LAMBANGKUNING KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PROBOLINGGO".

Dalam pengolahannya menjadi nasi, beras mengalami proses pencucian sebelum dimasak. Pada proses pencucian beras biasanya dicuci atau dibilas sebanyak 3 kali sebagai upaya untuk membersihkan beras dari kotoran. 

Air cucian beras atau sering disebut sebagai leri (bahasa Jawa) berwarna putih susu, hal itu berarti bahwa protein dan vitamin B1 yang banyak terdapat dalam beras juga ikut terkikis. 

Secara tidak langsung protein dan vitamin B1 banyak terkandung di dalam air leri atau air cucian beras. Vitamin B1 merupakan kelompok vitamin B yang mempunyai peranan penting dalam proses metabolisme tanaman dalam hal mengkonversikan karbohidrat menjadi energi untuk menggerakkan aktifitas di dalam tubuh tanaman.

Air leri atau air bekas cucian beras dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman Adenium. Hal tersebut disebabkan karena air cucian beras mengandung vitamin B1 yang berfungsi merangsang pertumbuhan serta metabolisme akar (Andrianto, 2007). 

Salah satu kandungan leri adalah fosfor yang merupakan  unsur hara makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Lebih lanjut pemberian air leri memberikan pengaruh nyata terhadap lebar tudung maksimal buah jamur tiram putih (Kalsum, dkk. 2011).

Desa Lambangkuning terletak di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 3 Dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Kesut dan Dusun Sentono, 3 RW dan 14 RT. 

Wilayah Desa Lambangkuning merupakan daerah dataran tinggi karena letaknya berada di ketinggian kurang lebih 500 mdpl. Lahan pertanian di Desa Lambangkuning merupakan ladang atau sawah tadah hujan yang pada musim kemarau tidak memungkinkan adanya aktivitas pertanian. 

Pendapatan perkapita di Desa Lambangkuning tergolong rendah jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Lumbang karena mayoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah buruh kasar yang jika pada musim hujan adalah petani atau bisa disebut juga petani musiman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2