Mohon tunggu...
Linda Agustin Masruri
Linda Agustin Masruri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Linda Agustin Masruri

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Wisata

5 Wisata Edukasi di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi

21 Juni 2021   21:39 Diperbarui: 22 Juni 2021   07:36 104 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Wisata Edukasi di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi
Opera House tahun 2008 Credit : Wikipedia

Jika kamu berlibur ke Australia pasti sudah tidak asing dengan tempat wisatanya yang menarik seperti opera house yang menjadi ciri khas dari negara Australia ataupun tempat wisata pantainya yang menawan. Tapi tahukah kamu, jika di Australia juga terdapat tempat wisata edukasi yang menarik dan wajib kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan dan wawasan kamu sebagai berikut :

1. The Australian Museum

Museum Australia Credit : Tourism Australia
Museum Australia Credit : Tourism Australia
The Australian Museum berada di di pojok William Street dan College Street di Kawasan pusat bisnis Sydney daerah New South Wales lokasinya yang strategis di pusat kota membuat para wisatawan mudah mengunjunginya. Museum ini merupakan museum tertua di Australia yang terdaftar sebagai warisan budaya  dengan reputasi internasional di bidang sejarah alam dan antropologi. Pada museum ini terdapat sejarah budaya dan alam yang menampilkan koleksi hewan bertulang belakang serta invertebrata ilmu hewan. Selain itu museum ini juga terdapat pameran besar yang telah diadakan sejak tahun 1854 seperti pameran “Dinosaurus dari China”, “Festival Mimpi”, “Fotografer Satwa Liar” dan masih banyak lagi.

 The Australian Museum ini buka setiap hari mulai jam 09.30 pagi sampai jam 17.00 sore dan hanya tutup pada hari Natal. Untuk harga tiketnya pengunjung dewasa harus membayar USD 15 atau sekitar Rp.196.000 rupiah dan untuk anak-anak dibawah umur 16 tahun harus membayar USD 8 atau sekitar Rp 105.000. Sedangkan anak-anak dengan usia 5 tahun tidak dikenakan biaya sama sekali. Wisata edukasi ini cocok dikunjungi oleh kalian yang ingin menambah pengetahuan atau sekedar rekreasi saja.

2. Museum Of Sydney

Museum Of Sydney tahun 2010 Credit : Wikipedia
Museum Of Sydney tahun 2010 Credit : Wikipedia
Selanjutnya masih museum yang berlokasi di sydney, yaitu museum of sydney yang dulunya merupakan rumah dari gubernur Arthur Philip. Museum ini berlokasi di Bridge Street Sydney dan dekat dengan perkotaan sehingga ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di dalam museum ini menampilkan berbagai wawasan budaya serta koleksi penemuan arkeologi seperti keramik dan alat perkakas yang digunakan suku Aborigin. Lalu dalam museum ini juga terdapat gambar, dokumen, serta video yang terbentang di layar dinding tentang sejarah sydney dari tahun 1788 hingga saat ini.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke museum of sydney dibuka setiap hari kecuali hari Jum’at agung dan libur Natal mulai jam 10.00 pagi sampai jam 17.00 sore. Harga tiket masuk museum ini bervariasi, untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif AUD 10 atau sekitar Rp. 100.000, sedangkan untuk anak-anak dikenakan tarif AUD 5 atau sekitar Rp. 50.000. Lalu untuk keluarga yang terdiri dari dua orang dewasa dan dua anak dikenakan AUD 20 atau sekitar Rp 199.000.

3. Sydney Observatory

Sydney Observatory Credit : Wikipedia
Sydney Observatory Credit : Wikipedia
Sydney Observatory berada di sebuah bukit yang sekarang dikenal sebagai 'Observatory Hill' sebuah daerah di pusat Sydney yang dikenal sebagai The Rocks. Awalnya tempat ini merupakan sebuah benteng yang dibangun pada awal abad ke-19 sebelum akhirnya diubah menjadi tempat observatorium astronomi yang paling tua dan paling berpengaruh di Australia. Untuk kalian yang ingin berkunjung kesini dibuka mulai jam 10 pagi hingga 5 sore. Di sini kalian dapat melihat bintang lewat teleskop di dalam gedung melalui sebuah teleskop schmidt-cassegrain 40 cm modern yang dibuat tahun 1874 selain itu lokasinya yang dekat dengan perbukitan dan pantai serta bangunan yang klasik membuat tempat ini menjadi sangat indah.

4. State Library Of Victoria

State Library Of Victoria Credit : Education One
State Library Of Victoria Credit : Education One
Untuk kalian yang gemar membaca, tempat wisata edukasi ini wajib banget untuk kalian kunjungi jika pergi ke Australia. State Library Of Victoria merupakan salah satu perpustakaan terbesar dan tertua di dunia loh.. yang berlokasi di Melbourne, Victoria yang didirikan pada tahun 1854. Perpustakaan ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai 6 sore dan tidak dikenakan tarif biaya masuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x