Mohon tunggu...
Linda HalimatuSadiah
Linda HalimatuSadiah Mohon Tunggu... MAHASISWI

MAHASISWI

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Teknik dalam Pengambilan Video

19 Februari 2020   23:28 Diperbarui: 19 Februari 2020   23:26 214 0 0 Mohon Tunggu...

Hallo selamat malam kawan kembali lagi bersama saya, di sini saya akan membahas seputar videografi. Dalam videografi bukan hanya sebatas pengambilan video saja, itu melainkan harus mempunyai motivasi dalam isi dari video tersebut sehingga orang yang melihat video tersebut akan mengetahui apa maksud atau makna yang diambil dalam video tersebut. 

Bukan hanya dari motivasinya saja suatu video dapat di rasakan esensinya dari teknik pengambilan gambar atau momennya juga harus mempunyai esensi yang menarik perhatian. Baiklah supaya tidak panjang lebar saya akan membahas terlebih dahulu tentang komposisi dalam videografi.

Komposisi Dalam Videografi

Komposisi mengacu pada segala sesuatu dalam sebuah bingkai atau frame, seperti subyeknya apa, letaknya dimana, latar belakangnya apa, latar depannya apa, pencahayaan, dan lain sebagainya. Berikut macam-macam pergerakan dalam pengambilan video

Macam-macam Pergerakan Kamera beserta Tekniknya

1. Dolly

Dolyy atau track adalah pergerakan kamera yang dilakukan untuk mendekati dan menjauhi subyek dengan menggerakan kamera yang sudah ada di tripod atau dolly sehingga siap untuk digerakan. Pergerakan dolly ini dimana kamera mendekati subyek untuk melihat lebih jelas emosional yang dikeluarkan, sebaliknya dengan dolly out dimana pergerakan kamera menjauhi subyek sehingga terkesan kecewa atau takut.

2. Zoom

Zoom atau zooming adalah pergerakan kamera yang dilakukan dengan cara mendekati atau menjauhkan objek yang bisa dilakukan secara otomatis (optik). Pergerakan zoom in bisa digunakan untuk memperjelas suatu objek yang dituju atau yang lebih di fokuskan, sebaliknya dengan zoom out dimana merupakan pergerakan kamera menjauhi objek untuk memberikan informasi dimana subyek tersebut sedang berada atau menunjukan kejadian lain yang tidak jauh dari subyek pertama.

3. Crab

Crab atau Crabing adalah pergerakan kamera yang dilakukan secara menyamping atau diambil dari samping sejajar dengan subyek yang sedang berjalan atau lari. Pergerakannya bisa ke kiri atau kekanan sesuai dengan kebutuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x