Mohon tunggu...
Lina yana
Lina yana Mohon Tunggu... Astiani

Seorang guru, 25tahun Menyukai dunia pendidikan, anak-anak dan traveling bersama pasangan ūüėā

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Tips Makan Sehat Liburan Lebaran

8 Juni 2019   08:00 Diperbarui: 8 Juni 2019   08:04 29 3 1 Mohon Tunggu...
Tips Makan Sehat Liburan Lebaran
https://scoopempire.com

Siapa nih yang liburannya ditemani banyak makanan?

Waaah kita sama nih.  Liburan kali ini cukup berbeda.  Apalagi bagi umat muslim.  Selain liburan sekolah yang sudah dekat,  ditambah lagi dengan lebaran.  Sudah tentu liburan kali ini dotemani banyak makanan. 

Terdengar nikmat ya.... 

Kadang ketika liburan seperti sekarang ini,  orang kehilangan kendali untuk menahan makanan yang di konsumsi.  Begitu banyak makanan jadi bingung.  Bingung mau pilih makan yang mana saja. 

Foto Pribadi
Foto Pribadi
Ditambah lagi semua keluarga berkumpul,  membuat keinginan makan semakin bertambah. Jika sudah begini,  timbangan sudah dilupakan.  Dampak buruknya adalah berat badan bertambah bahkan berdampak pada diabetes atau penyakit berbahaya lainnya. 

Berikut beberapa tips tetap menjaga makanan yang masuk selama libur lebaran.

1. Sarapan sehat

Jangan skip sarapan.  Jangan pernah walaupun akan mengunjungi rumah saudara-saudara.  Pilihlah sarapan sehat yang tinggi protein tetapi rendah lemak.  Tujuannya agar kecukupan protein harian tetap tercukupi.  Memilih makanan yang rendah lemak bertujuan untuk memberi tempat pada tubuh karena siang nanti akan banyak masuk karbohidrat,  lemak dan lain sebagainya.  Salah satu makanan yang dapat di masukan dalam list sarapan sehat adalah oatmeal. Oatmeal cukup diseduh dengan air kemuadian ditambahkan toping buah.  Jangan tambahkan toping yang banyak lemak seperti keju,  gorengan atau kerupuk yaaa.  Itu sama dengan bohong. 

Foto Pribadi
Foto Pribadi
2. Makan siang sesuai porsi

Tiba waktu makan siang dirumah saudara.  Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat,  protein dan serat.  Namum tetap ingat porsi sesuai dengan kebutuhan tubuh.  Jika kalian ingin makan lauk yang banyak,  maka kurangi porsi nasi nya.  Makanlah nasi sekepal tangan. Pilih nasi beras merah,  atau jika tidak ada beras putih juga tidak apa-apa,  asal porsinya tidak terlalu besar.  Untuk lauk, pilihlah lauk yang sedikit minyak.  Misalnya ayam bakar,  ayam rebus dan lain sebagainya,. Hindari makanan gorengan dan yang bersantan walaupun terlihat sangat nikmat.  Tapi jika tergida bagaimana?  Ambil saja,  namun prosi yang sedikit.  Kita memberi sinyal ke otak bahwa sudah memakan yang kita inginkan.  Hanya sekedar meberi sinyal,  bukan untuk menimbun lemak ya.  Kemudian plihlah serat,  jangan skip serat dalam makanan,  karena nanti akan membantu pembersihan usus dari makanan yang sudah kita makan.

Paling penting, pilihlan minuman air putih,  karena kalorinya 0, baik yang biasa maupun dingin.  Jangan minum yang manis-manis karena gula darah akan meningkat.  Biarkan gula darah meningkat dari makanan saja,  jangan ditambahkan dari minuman lagi. 

3. Cemilan sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x