Mohon tunggu...
Herlina Butar
Herlina Butar Mohon Tunggu... NGO Lintas Rakyat

Cuma orang yang suka menulis saja. Mau bagus kek, jelek kek tulisannya. Yang penting menulis. Di kritik juga boleh kok. Biar tahu kekurangan....

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Reformasi Agraria

4 November 2019   00:45 Diperbarui: 4 November 2019   09:02 143 0 0 Mohon Tunggu...
Reformasi Agraria
koleksi pribadi

Proklamasi 

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. 

Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja. 

Merenungi isi teks Proklamasi, maka kita harus merenungi bahwa "Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja" adalah harapan yang secara sistematis belum terlaksana hingga saat ini.

Sebuah negara, sejatinya terdiri dari rakyat, wilayah dan pemerintahan

Pemindahan kekuasaan berarti berpindahnya kekuasaan dari sebuah kekuasaan satu ke kekuasaan yang lain. Bila merujuk kepada kalimat awal

"Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia

maka bila kekuasaan awal adalah bukan sebuah situasi yang merdeka, maka sejak dibacakannya teks proklamasi maka kita sepatutnya memasuki kekuasaan yang bersifat merdeka.

Dari awal para pejabat penyelenggara pemerintahan di negeri ini, puluhan tahun merdeka, kebanyakan sibuk hanya untuk berebut kekuasaan, saling fitnah, saling membuat trik dan intrik untuk bagaimana caranya duduk dan memegang tampuk pemerintahan, tetapi sedikit sekali menyelesaikan hal-hal fundamen yang semestinya diselesaikan sebagai upaya memenuhi tugas penyelenggaraan pemindahan kekuasaan, dll.

Rakyat dan Identitas

Sebagai rakyat, maka pemenuhan kebutuhan akan data identitas, hingga sekarang belum genap terselesaikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN