Mohon tunggu...
Lina Kurniawati
Lina Kurniawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran dan Kontribusi Santri untuk Negeri

21 Oktober 2021   22:46 Diperbarui: 21 Oktober 2021   23:19 205 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa yang ada dibenak kalian jika mendengar kata santri? Mungkin Sebagian orang mengira bahwa santri merupakan seorang yang sedang menuntut ilmu agama di suatu pondok pesantren. Ya, memang mereka hidup di pondok pesantren dan harus mengikuti beberapa aturan yang harus dilakukan agar supaya mereka disiplin, fokus dalam mempelajari ilmu agamanya dan suatu saat dapat mengamalkan apa yang mereka pelajari di pesantren tersebut kepada masyarakat nantinya.

Dalam pendidikan pesantren, santri menjadi kunci utama suksesnya untuk mencapai visi, misi dan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Dalam hal ini santri sangat berperan menyukseskan program dan kegiatan yang diselenggarakan di dalam pesantren.

Berbicara tentang santri, bahwasannya setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional atau biasa kita sebut dengan HSN. Peringatan Hari Santri Nasional di Indonesia sudah dilakukan sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional.

Mengapa tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional?

HSN merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang membawa bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dari para penjajah pada kala itu.  Adapun pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri Nasional didasarkan ketika K.H. Hasyim Asy’ari yang merupakan Pendiri Nahdlatul Ulama yang menyerukan ajakan jihad, yang kemudian disebut sebagai Resolusi Jihad, untuk melawan tentara sekutu pada tanggal 22 Oktober 1945.

Pada saat itu, kedatangan para sekutu yang ingin menjajah Indonesia lagi setelah Indonesia sudah merdeka membuat beberapa pihak untuk segera mengambil sikap. Salah satu pihak yang mengadakan perundingan dan pengambilan sikap dalam melawan serangan sekutu adalah pengurus Nahdlatul Ulama (NU). Ini terjadi pada tanggal 21-22 Oktober 1945 dan perundingan tersebut menghasilkan sebuah keputusan yaitu dengan cara menyerukan resolusi jihad.

Resolusi jihad merupakan sebuah ajakan untuk memperjuangkan dan mempertahankan kedaulatan serta kemerdekaan bangsa yang hukumnya fardhu’ain, yang berarti wajib bagi semua orang. Dengan adanya seruan tersebut, membuat para santri secara langsung berkontribusi dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan berjihad untuk melawan serangan dari tentara sekutu tersebut.

Dengan semangat yang tinggi para santri bertekad dan bersatu untuk melawan para penjajah yang ingin menghancurkan Indonesia padahal waktu itu Indonesia sudah merdeka kurang lebih 2 bulan sebelum ditetapkan hari santri.

Mereka sama sekali tidak takut meskipun senjata yang dibawa oleh para sekutu sangat lengkap akan tetapi akhirnya peperangan yang berlangsung selama 3 hari 3 malam itu para sekutu kewalahan karena begitu banyak orang orang di Jawa Timur yang juga ikut dalam peperangan tersebut.

Semangat dari Resolusi Jihad inilah yang kemudian akan diteruskan hingga kini. Peringatan Hari Santri Nasional juga yang mengingatkan kita akan peran para santri yang memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dan telah mengambil porsi perjuangan yang sangat besar.

Ditetapkannya Hari Santri sekaligus untuk mengenang, meneladani dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam berjihad untuk membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan