Mohon tunggu...
Lina Herlina
Lina Herlina Mohon Tunggu... Al-Qur'an adalah penerang jalan hidupku

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Relevansi Pendidikan dan Agama

2 Juni 2020   11:37 Diperbarui: 2 Juni 2020   11:32 67 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Relevansi Pendidikan dan Agama
mediaindonesia.com

Menurut KBBI arti dari kata relevansi adalah hubungan atau kaitan.
Nah disini saya akan membahas hubungan pendidikan dan agama.

Menurut saya pendidikan merupakan ajaran atau pembelajaran yang di terapkan hampir di seluruh dunia untuk mengembangkan kecerdasan pikiran peserta didik. Sedangkan agama merupakan keyakinan atau kepercayaan manusia kepada Tuhannya dengan menjalankan semua perintah-perintahnya. Agama juga merupakan ajaran yang mengatur kehidupan rohani manusia.

Dalam kehidupan modern saat ini, pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menumbuh-kembangkan potensi anak dalam diri setiap peserta didik, berdasarkan apa yang di kembangkannya, kemudian menjadikan dirinya dapat mengekspresikan apa pun dengan potensi yang ada dalam diri peserta didik. Contohnya akal dapat tumbuh dan  berkembang sehingga seseorang dapat memiliki inovasi, kreatifitas dan lain sebagainya.

Disamping peran pendidikan itu sendiri, agama mempunyai peran yang amat sangat penting dalam kehidupan. Diantaranya peran agama yaitu: Pertama sebagai fungsi transendasi, yaitu yang berfungsi memberikan arah dan tujuan akhir yang luhur bagi manusia untuk keselamatan abadi di akhirat. Kedua adanya edukasi, yaitu mendidik manusia untuk berwawasan dan berperilaku religius.

Ketiga sebagai sebuah identifikasi yang memberikan ciri tertentu bagi para pemeluk agama. Keempat, agama merupakan kontrol sosial bagi masyarakat yaitu menjaga harmoni sosial agama sehingga tidak runtuh oleh perilaku-perilaku menyimpang. Kelima, agama memberikan manusia tuntunan ajaran hidup karena manusia tanpa agama merupakan manusia yang tidak memiliki tujuan.

Saya mengutip dari ceramahnya Ustadz Adi Hidayat yang diselenggarakan di Ruang Utama Mesjid Al-Furqan Jl. Setiabudhi No.229 Bandung, Sabtu 10 Desember 2018 dalam Kajian Islam Ilmiah dengan tema: "Sistem Pendidikan di dalam Al-Qur'an".

"Ustadz Adi Hidayat mengatakan tidak ada satupun di balik penciptaan Allah baik sikap, sifat maupun benda tanpa adanya tujuan dari Allah. Allah memberikan fungsi kepada manusia yaitu membawa syarat utama yakni ilmu pengetahuan.

Beliau juga mengatakan ciri orang takwa adalah tidak cukup belajar tanpa paham dengan apa yang di pelajari. Kebanyakan di zaman sekarang banyak orang tidak paham dengan kepintarannya. Bagaimana kita bisa khusyu dalam sholat kalau kita tidak paham dengan isi bacaan  dalam sholat? Ini menyebabkan kita memiliki sifat dan sikap yang buruk dalam kehidupan".

Dalam kutipan ceramahnya itu, bahwa agama sangat berperan dalam dunia pendidikan karena pada dasarnya teori pengetahuan saja tidak cukup tanpa akhlak yang diajarkan dalam agama.

Sudah jelas bukan? Peran dari keduanya dalam kehidupan?

Mengapa pendidikan harus di sandarkan dengan agama?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN