Mohon tunggu...
Lillya Yasmine Nur Baiti
Lillya Yasmine Nur Baiti Mohon Tunggu... Mahasiswi

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peduli Kesehatan, PMM UMM 21 Menjadikan Youtube sebagai Platform Edukasi Terkait Dampak Rokok dan Vape

13 Agustus 2020   23:23 Diperbarui: 13 Agustus 2020   23:38 25 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peduli Kesehatan, PMM UMM 21 Menjadikan Youtube sebagai Platform Edukasi Terkait Dampak Rokok dan Vape
Dokumentasi Pribadi

Kelompok 21 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan edukasi terhadap masyarakat khususnya dewasa muda mengenai rokok, vape, dan kesehatan pernapasan. Kegiatan yang dilakukan di tengah pandemi ini menggunakan youtube sebagai media penyampaiannya. Hal ini, dilakukan agar masyarakat tetap bisa mengakses dari rumah.

Program ini berjudul "Doctor On Cam" dimana mahasiswa melakukan sesi tanya jawab bersama narasumber yang merupakan seorang dokter umum. Pertanyaan-pertanyaannya pun berasal dari masyarakat yang rata-rata berusia 17-23 tahun. Berbagai pertanyaan tersebut merupakan bentuk keingintahuan masyarakat mengenai masalah kesehatan yang beredar diakibatkan oleh rokok dan vape.

dr. Brianka Yudha Nurpradika (Narasumber)
dr. Brianka Yudha Nurpradika (Narasumber)

Dalam sesi tanya-jawab tersebut, dokter banvak menyampaikan dampak yang dapat ditimbulkan karena rokok dan vape. Dokter berujar bahwa zat-zat berbahaya dalam rokok atau vape dapat mempengaruhi organ-organ penting dalam tubuh manusia, seperti terjadinya henti jantung, gagal nafas, hingga kematian. Dokter juga menyatakan bahwa memakan makanan yang mengandung kaya antioksidan pun tidak akan membantu jika tetap mengonsumsi rokok ataupun vape dalam jumlah yang banyak.

"Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat jadi semakin aware dan peduli dengan kesehatan mereka sendiri dan orang lain. Karena rokok dan vape sendiri dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dalam tubuh kita, dan juga berbahaya bagi orang-orang disekitar. Dengan adanya program ini juga, kami berharap masyarakat tidak terhasut hoax-hoax tentang rokok ataupun vape yang beredar" Ujar Hanifah Nurlaila Dwi Khoiriyah selaku salah satu anggota dari kelompok PMM21 UMM.

Kegiatan yang dibimbing oleh Bapak Jamroji, S.Sos, M.Comms ini merupakan video ke-1 dari beberapa video edukasi lainnya. "InsyaAllah kami sudah mempersiapkan tema untuk video selanjutnya. Video edukasi ini sendiri terbagi menjadi 2 Tema, jadi mohon ditunggu saja untuk video-video berikutnya" imbuh Hanifah.

Untuk video lengkapnya bisa diakses disini:


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x