Mohon tunggu...
Rachmat Triyadi
Rachmat Triyadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Design Manager

Hallo semua, kenalin nama gw Rachmat Triyadi țapi hampir semua temen gw manggil gw Matu. gw memiliki banyak ketertarikan di bidang tertentu seperti Seni, Foto, Video, Desain, dan Traveling. Gw bisa di bilant orang yang easy going sama orang dan terkadang juga gw susah untuk bersosialisai sama orang baru tau dengan lingkup yang gk membuat gw nyaman. Platfom ini akan gw gunakan sebagai sarana gw untuk membagi informasi entah itu Seni, Foto, Video, Traveling dan juga Technology. Jadi ini adalah sedikit deskripsi tentang diri gw, Gw harap kalian bakalan suka sama isi altikel gw bye bye

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Membangun Privasi Langsung ke Dalam Code Software

10 Desember 2022   14:55 Diperbarui: 10 Desember 2022   15:01 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Sejarah ketidakamanan

Sebagai bagian dari generasi pertama yang tumbuh dewasa di internet, saya menikmati manfaat berpartisipasi dalam kehidupan digital, seperti berkirim pesan instan ke teman-teman saya ketika saya seharusnya mengerjakan pekerjaan rumah. Saya juga tahu ada potensi kebocoran informasi yang tidak diinginkan.

Seorang naksir saat itu pernah memberi tahu saya bahwa dia memanfaatkan peluang Facebook sekilas untuk mengetahui bahwa saya termasuk di antara lima penguntit teratasnya. Untuk waktu yang singkat, saat pengguna mengetik "." ke dalam bilah pencarian, pencarian yang dilengkapi secara otomatis adalah pengguna yang paling banyak mencarinya. Saya merasa malu, dan bahkan menghindari penjelajahan biasa di Facebook untuk sementara waktu.

Krisis sosial kecil ini adalah hasil dari masalah pemrograman, kombinasi dari kesalahan programmer manusia dan kekurangan bahasa dan lingkungan tempat manusia itu bekerja. Dan kami tidak dapat menyalahkan pemrogramnya, karena bahasa yang digunakan Facebook tidak dibuat dengan mempertimbangkan keamanan dan privasi modern. Mereka membutuhkan programmer untuk mengelola semuanya dengan tangan.

Menyebarkan perlindungan di seluruh program

Saat bahasa lama tersebut berkembang menjadi lingkungan pemrograman saat ini, keamanan dan privasi tetap sebagai add-on, bukan fungsi otomatis bawaan. Meskipun pemrogram mencoba memisahkan instruksi untuk fungsi yang berbeda, kode yang didedikasikan untuk menegakkan masalah privasi dan keamanan bercampur dengan kode lain, dan menyebar ke seluruh perangkat lunak.


Sifat kebocoran informasi yang terdesentralisasi inilah yang memungkinkan ibu saya menangkap pesan saya. Peramban web yang saya gunakan menyimpan bukti obrolan rahasia saya di lebih dari satu tempat -- baik di riwayat situs yang saya kunjungi maupun di jejak cookie yang saya tinggalkan. Membersihkan hanya satu dari mereka membuat saya rentan terhadap pengawasan ibu saya.


Jika program telah dibuat sedemikian rupa sehingga semua bukti aktivitas saya ditangani bersama, dapat diketahui bahwa ketika saya menghapus riwayat, saya ingin cookie juga dihapus. Tapi ternyata tidak, tidak dan saya tertangkap.

Membuat programmer melakukan pekerjaan

Masalahnya menjadi lebih sulit dalam sistem online modern. Pertimbangkan apa yang terjadi ketika saya membagikan lokasi saya -- sebut saja Disney World -- di Facebook dengan teman-teman yang ada di sekitar. Di Facebook, lokasi ini akan ditampilkan di "timeline" saya. Tapi itu juga akan digunakan untuk tujuan lain: 

Pengunjung halaman Facebook Disney World dapat melihat siapa teman mereka yang juga pernah ke taman hiburan. Saya dapat memberi tahu Facebook untuk membatasi siapa yang dapat melihat informasi tentang saya, sehingga orang yang tidak saya kenal tidak dapat membuka halaman Disney World dan melihat "Jean Yang check in 1 jam yang lalu".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun