Disini, saya akan menjelaskan tentang Filsafat Pendidikan Realisme beserta Pemikiran Tokoh-Tokoh Filsafat Pendidikan Realisme.
Mari kita simak dibawah ini!!!
A. Filsafat Pendidikan Realisme
Filsafat pendidikan realisme sering disebut juga sebagai aliran realisme. Aliran Realisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang yang menggambarkan tentang peristiwa atau kejadian yang dialami oleh setiap manusia dengan nyata, fakta, atau benar-benar terjadi. Aliran realisme ini menyatakan bahwa dunia sebagai hakikat realitas yang terdiri dari lahiriyah dan batiniyah.
Dalam sebuah konteks pendidikan, realisme ini merupakan suatu aliran filsafat pendidikan yang memiliki titik fokus untuk melatih kemampuan siswa dalam menganalisis dan mengamati secara langsung.Â
B. Pemikiran Tokoh-Tokoh Filsafat Pendidikan Realisme
Disini terdapat 8 pemikiran Tokoh-Tokoh filsafat pendidikan realisme diantaranya:
 1. Aristoteles
Aristoteles adalah salah satu tokoh pemikiran filsafat pendidikan realisme yang berasal dari Stagira, pada tahun 384 SM. Aristoteles mengemukakan bahwa suatu pengalaman itu bukanlah suatu pengetahuan yang berupa  suatu bayangan akan tetapi sesuatu tersebut tidaklah terletak pada bendanya.
 2. John Amos Comenius
John Amos Comenius adalah salah satu tokoh pemikiran filsafat pendidikan realisme. John Amos Comenius mengemukakan bahwa pendidikan itu harus bersifat universal dan seragam karena pendidikan seharusnya dimulai dari tingkat rendah menuju ke tingkat yang lebih tinggi.