Mohon tunggu...
Lilis Tiana Wijayanti
Lilis Tiana Wijayanti Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN Jember

Selalu semangat dalam mencapai sebuah tujuan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Metode-Metode Dalam Filsafat Pendidikan

19 Maret 2020   10:19 Diperbarui: 10 April 2020   18:59 25 1 0 Mohon Tunggu...

Metode dalam filsafat Pendidikan ada 3 yaitu:

1. Metode Positivistic 

Metode Positivistic ini sering disebut dengan metode positivisme. Positivisme berasal dari kata "positive" yang artinya suatu peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi. Jadi metode positivisme merupakan suatu metode filsafat yang bersumber pada peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi, nyata dan faktual.

Dalam metode Positivistic atau positivisme ini, Auguste Comte mengatakan bahwa metode positive ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Metode ini diarahkan pada fakta-fakta.

b. Metode ini diarahkan pada perbaikan terus menerus dari syarat-syarat hidup.

c. Metode ini diarahkan pada kepastian.

d. Metode ini diarahkan pada kecermatan.

Metode ini sangat berkaitan dengan filsafat pendidikan karena melalui metode positivistic atau positivisme ini filsafat pendidikan dapat mengarahkan suatu pendidikan ke arah yang lebih baik lagi, baik itu dari segi intelektual maupun psikologinya.

2. Metode Fenomenologis

Fenomenologis berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu, "Phainomenon" dan "Logos". Phainomenon yang artinya tampak dan logos artinya ucapan, kata, pikiran dan ilmu. Jadi metode fenomenologis merupakan suatu kajian atau penelitian yang berpusat pada fenomena atau berpusat pada segala sesuatu yang tampak yang dapat ditangkap oleh panca indra manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN