Mohon tunggu...
Lilis Sintiasari
Lilis Sintiasari Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Solo Moviegoer and solo traveler

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kenali Penyebab Anxiety Disorder dan Cara Mengatasinya

4 Agustus 2021   08:54 Diperbarui: 4 Agustus 2021   08:58 208 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kenali Penyebab Anxiety Disorder dan Cara Mengatasinya
seorang gadis yang sedang cemas dan menangis (sumber: pexels/Kat Jayne)

Semua orang di dunia ini tentu pernah merasakan rasa cemas karena itu memang sifat alami manusia. 

Namun, bagaimana jika rasa cemas tersebut sering terjadi bahkan dalam jangka waktu cukup lama, sangat berlebihan dan tanpa alasan yang jelas. Tentu saja ini sudah tidak wajar dan dapat disebut gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Anxiety disorder tentunya bukan merupakan rasa cemas biasa, karena ini sudah termasuk ke dalam gangguan mental. 

Orang yang memiliki gangguan seperti ini akan merasakan khawatir terhadap suatu hal, bahkan dalam situasi normal sekalipun. Pada beberapa kasus yang parah, ini dapat mengganggu aktivitas manusia sehari-hari.

Apa penyebab orang dapat mengalami anxiety disorder?

Sampai saat ini belum diketahui jelas apa saja penyebab dari anxiety disorder. Namun, dari beberapa penelitian ini juga dapat disebabkan oleh faktor genetik

Jadi, jika orangtua teman-teman memiliki gangguan tersebut, tentu teman-teman pun berisiko mengalami gangguan tersebut pula. Bukan hanya itu, karena trauma di masa lalu atau stress jangka panjang tentu dapat menyebabkan sesorang mengalami anxiety disorder kronis.

Namun, ada juga beberapa kasus kondisi medis tertentu dapat mengakibatkan seseorang terkena gangguan kecemasan. 

Adapun beberapa kondisi medis yang dapat dikaitkan dengan gangguan kecemasan yaitu, penyakit jantung, diabetes, masalah tiroid, serta gangguan pernapasan.

Bahkan ada juga beberapa orang yang mengalami gangguan kecemasan diakibatkan oleh kecanduan narkoba, konsumsi alkohol, bahkan gangguan kecemasan ini dapat diakibatkan oleh efek samping obat-obatan yang dikonsumsi.

Apa saja ciri-ciri anxiety disorder secara umum?

Untuk dapat mengetahui seseorang tersebut mengalami gangguan kecemasan, tentu banyak sekali ciri-cirinya.

  • Secara umum seseorang yang mengalami gangguan kecemasan biasanya akan merasakan khawatir yang berlebihan.
  • Seseorang mengalami anxiety disorder bisa merasakan gelisah terus-menerus tanpa sebab yang jelas. Merasakan galau secara berlebihan rupanya juga dapat disebut sebagai anxiety disorder.
  • Orang yang mudah marah pun bisa disebut anxiety disorder, karena orang yang memiliki gangguan tersebut akan dua kali mudah tersinggung sehingga mudah marah. Padahal untuk orang normal tidak akan seperti ini.
  • Gangguan tidur juga sangat berkaitan dengan gangguan kecemasan. Ketika seseorang merasa sulit tidur akan merasa overthinking dan merasa cemas berlebihan. Padahal langkah utama menyembuhkan anxiety disorder adalah mengatasi masalah tidur penderitanya.
  • Hal umum yang sering ditemukan orang yang mengalami anxiety disorder biasanya memilih menghindari berinteraksi dengan orang lain. Orang yang mengalami gangguan kecemasan sosial biasanya sangat pemalu dan pendiam ketika bertemu dengan orang baru.

Bagaimana cara mengatasi anxiety disorder?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan