Mohon tunggu...
Lilis Sintiasari
Lilis Sintiasari Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Solo Moviegoer and solo traveler

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Terkena Serangan Panik Datang Tengah Malam, Coba Lakukan Ini!

29 Juli 2021   09:09 Diperbarui: 29 Juli 2021   09:47 78 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terkena Serangan Panik Datang Tengah Malam, Coba Lakukan Ini!
pexels/ivan oboleninov (Seorang gadis yang tak dapat tidur tenang karena serangan panik datang tengah malam)

Serangan panik atau panic attack memang sudah tak asing lagi di telinga. Pernah kah kalian terbangun tengah malam dalam keadaan napas berat, cemas, ketakutan, jantung berdetak tak tertatur, berkeringat? Sepertinya pernah atau mungkin ada juga beberapa dari kalian sering mengalaminya.

Serangan panik atau panik attack adalah seseorang merasakan takut dan cemas secara tiba-tiba. Sedangkan serangan panik terjadi ketika tengah malam biasa disebut dengan nocturnal panic attack. Untuk saat ini belum diketahui jelas apa penyebabnya, Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari penyebabnya.

Penyebab serangan panik pada malam hari

Sebuah penelitian dalam Journal of Psychiatric Research menyatakan bahwa serangan panik pada malam hari ini erat kaitannya dengan pola tidur. Mungkin saja di antara kalian yang sering mengalami serangan panik karena memiliki pola tidur yang buruk.

Sebenarnya bukan hanya masalah pola tidur, karena masih banyak penyebab lainnya. Bisa saja seseorang mengalami serangan panik karena stress atau tertekan karena masalah tertentu. Karena masalah tersebut kadang membuat seseorang stress. Ketika stress kondisi tubuh akan meningkat sehingga membuat sulit tidur dan terkena serangan panik.

Gejala serangan panik pada tengah malam

Rupanya serangan panik tidak hanya membuat pengidap nya sulit tidur saja. Banyak penderitanya mengalami perasaan cemas dan tidak nyaman. 

Itu hanya sebagian kecil, karena banyak penderita serangan panik bukan merasakan cemas saja. Banyak penderita serangan panik mengalami gemetar, napas berat dan pendek, berkeringat, pusing, kemudian mengalami kesulitan untuk tidur.

Lakukan ini saat mengalami serangan panik pada tengah malam

Untuk kalian yang sering mengalami serangan panik, tidak perlu khawatir coba saja lakukan hal ini.

  • Tarik napas dalam-dalam dan usahakan tenangkan diri kalian.
  • Jangan berpikir negatif, usahakan selalu berpikir positif.
  • Cobalah untuk minum segelas air putih untuk membantu menenangkan.
  • Jika masih kesulitan untuk tidur, kalian bisa coba lakukan hal menyenangkan untuk sementara. Hal tersebut boleh mendengarkan lagu, atau apapun itu yang membuat menyenangkan.

Itulah hal sederhana dapat membantu mengatasi serangan panik saat tengah malam. Umumnya serangan panik ini akan hilang setelah pemicunya dapat diatasi. Namun, jika serangan panik ini berulang bisa konsultasi ke dokter. Karena serangan panik berulang memang memerlukan penangan medis dan obat-obatan. Jadi, jangan takut untuk konsultasi ke dokter.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x