Mohon tunggu...
Lilis NurFitria
Lilis NurFitria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN PPMT UNIMMA 2021 di Tengah PPKM dengan Pengelolaan Perpustakaan dan Peningkatan Minat Baca

25 Agustus 2021   21:40 Diperbarui: 25 Agustus 2021   21:44 54 1 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN PPMT UNIMMA 2021 di Tengah PPKM dengan Pengelolaan Perpustakaan dan Peningkatan Minat Baca
Foto tim PPMT bersama dengan mitra : PCA Kecamatan Kranggan dan ABA Ar-Rahmah kranggan (Dokpri) 

Universitas Muhammadiyah  Magelang (Unimma) melaksanakan PPMT Periode III yang dilakukan pada Bulan Juni-Juli 2021. PPMT (Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu), merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan secara terpadu antara dosen dengan mahasiswa. 

Sejak adanya pandemi Covid-19 yang merebak tahun lalu, kegiatan ini dilakukan dengan tetap mengikuti peraturan dari pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan. Apalagi semenjak pemerintah memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali dari tanggal 3-20 Juli 2021. Sehingga dalam hal ini, tiap kelompok PPMT dibatasi jumlah anggotanya yaitu 5 mahasiswa dan 1 dosen.

Kelompok PPMT yang beranggotakan Mafida, Lilis, Aliyza, Devi, Nanda, serta 1 dosen sebagai ketua kelompok PPMT Luk Luk Atul Hidayati, SE., MM ini mengusung topik manajemen sarana dan pra sarana pembelajran. Mereka berfokus dalam peningkatan minat baca serta manajemen perpustakaan yang belum terkelola dengan baik di TK ABA Ar-Rahmah Kranggan di bawah Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kecamatan Kranggan. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama PPMT adalah sosialisasi dan koordinasi dengan pengurus PCA Kranggan beserta pengajar di ABA Ar-Rahmah, membuat rencana pelaksanaan program bersama, diskusi kelompok, pelasanaan program seperti inventarisasi, klasifikasi, pelabelan buku, pembuatan kartu kendali dan kartu anggota perpustakaan.

Sasaran dari kegiatan ini tidak hanya peseta didik di ABA Ar-Rahmah saja, tetapi juga kepada ibu-ibu Aisyiyah di Kecamatan Kranggan. Dengan adanya kegiatan PPMT ini diharapkan dapat menciptakan model dan sistem pengelolaan perpustakaan yang lebih terstruktur serta mengembangkan potensi Aisyiyah agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, berilmu, kreatif, dan mandiri melalui peningkatan minat baca di lingkungan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 18 Juni 2021  sampai tanggal 28 Juli 2021 berjalan sesuai rencana awal kegiatan. Kegiatan yang dilakukan kelompok PPMT  mulai dari penataan layout ruang yang akan dijadikan perpustakaan sampai tahap pelabelan buku dan pengelolaan perpustakaan berjalan dengan baik. 

Selain itu tim PPMT juga turut membantu dalam kegiatan yang dilakukan oleh ABA Ar-Rahmah salah satunya acara pelepasan siswa. Dalam hal ini mereka juga melakukan sosialisai dengan tenaga pendidik dan pengurus PCA Kranggan mengenai pentingnya membaca baik untuk siswa maupun ibu-ibu Aisyiyah di Kecamatan Kranggan.

0a9b7e2f-653a-4174-a077-eda547352df8-6126546a06310e213146d8b2.jpeg
0a9b7e2f-653a-4174-a077-eda547352df8-6126546a06310e213146d8b2.jpeg
Foto pelaksanaan kegiatan inventarisasi dan klasifikasi bahan pustaka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan