Mohon tunggu...
lilis herawati
lilis herawati Mohon Tunggu... Guru - guru ( Literasi ilmu dan menambah persahabatan)

Pengalaman adalah guru yang paling baik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menikmati Makanan Khas Daerah Meski Berada di Perantauan (PulihLebihKuat)

25 Desember 2022   15:17 Diperbarui: 25 Desember 2022   15:25 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Setiap keluarga memiliki makanan kesukaan yang berbeda, hal itu bisa jadi dipengaruhi oleh kebiasaan yang dibawa dari daerahnya masing-masing atau dari keluarganya. Begitu pun dengan keluargaku, suamiku sangat menyukai yang namanya bumbu pecal, sedangkan aku senang dengan makanan yang berasal dari talas. 

Untuk memenuhi rasa kangen suamiku biasanya aku membuat sendiri bumbu pecal itu, jadi kusempatkan pada hari minggu jika memang tidak ada acara keluar aku membuat bumbu pecal. Namun biasanya selalu saja ada yang kurang, misalya kurang wangi kurang pedas  dan lain-lain. Tapi tetap dimakan karena sudah tersaji. 

Suatu hari ketika  jam istirahat pertama di sekolah, aku masuk ke ruangan perpustakaan, di sana ada tiga orang temanku yang sedang makan, harumnya sudah tercium pasti itu pecal. Aku mencicipinya, ternyata bumbu pecalnya sama dengan bumbu dengan kriteria keinginan suamiku. Aku bertanya pada mereka apa resepnya kok sama dengan yang berasal dari kampung suamiku.

Jawaban yang keluar sangat mencengangkan katanya dari Jawa Timur pusatnya, kataku jauh amat, oleh-oleh pulang kemarin kah waktu mengantarkan anak kuliah?. Temanku tertawa, mugkin aku naif banget ya, kok enggak tahu bahwa sekarang ada yang namanya Platform Belanja yang sudah terkenal itu kemudian cara bayarnya pun pakai top up.

Sebenarnya aku sudah beberapa kali belanja dengan Platform itu, mengikuti kemauan anakku tapi cod, karena belum ada pembelian yang begitu penting jadi aku kurang begitu memperhatikannya. 

Akhirnya karena temanku menawarkan membeli kembali bumbu pecal itu dan beberapa teman yang lain juga ikut, aku memutuskan untuk membeli juga. Beberapa hari kemudian bumbu pecal itu sudah ada, rasanya enak sesuai selera dan harganya cukup terjangkau.

Ternyata dengan adanya teknologi digital, makanan khas daerah bisa dinikamati oleh seluruh penikmatnya dimanapun berada. Mungkin yang perlu didukung adalah mengenalkan cara penggunaan teknologi digital tersebut kepada para pengusaha UMKN, terutama yang ada di daerah-daerah yang jauh dari jangkauan kemajuan yang begitu cepat.  Peran mitra pemerintah pusat dalam menyebarkan informasi ini sangat dibutuhkan, karena dengan adanya pengetahuan mengenai teknologi digital  dapat mendukung berkembang usaha

Sekarang aku sudah punya Go-Pay dan tidak khawatir lagi kalau ingin makanan khas daerah

Terima kasih sudah membaca...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun