Mohon tunggu...
Lilis Anggraeni
Lilis Anggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurnalistik, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Seorang mahasiswa Jurnalistik yang menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Seorang Mahasiswa Depresi Berujung Melakukan Percobaan Bunuh Diri

2 Desember 2022   14:26 Diperbarui: 16 Desember 2022   11:26 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Seorang mahasiswa berinisial IS (19) di Jember, Jawa Timur melakukan percobaan bunuh diri di kamar kost-nya, Selasa, (22/11/2022).

Motif mahasiswa melakukan hal tersebut diduga mengalami depresi akibat tidak kuat dengan banyaknya tugas kuliah. Beruntungnya, nyawa ia terselamatkan saat seseorang berhasil menggagalkan percobaan bunuh diri. Namun, ia mengalami luka dibagian leher.

Setelah ditelusuri, Kepala Pusat Data dan Informasi Kelembagaan Dr. Mohammad Nor Afandi mengatakan, bahwa mahasiswa tersebut menjadi panitia suatu kegiatan kampus. Kemudian ia merasa tidak puas dengan pekerjaannya bahkan sering menanyakan hal tersebut kepada teman-temannya, sehingga membuatnya sering murung dan menyendiri. Sebelumnya, ia juga sempat bercerita kepada temannya ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Namun, temannya menganggap itu sekedar candaan.

"Setelah kami dalami, ternyata yang bersangkutan bukan karena tugas kuliah," kata Afandi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu, (23/11/2022).

Rabu, (30/11/2022) melalui wawancara bersama mahasiswa Fakultas Psikologi, jurusan Psikologi, Sessy Aulia Jasmine menuturkan, depresi ini merupakan gangguan kondisi mental yang ditandai dengan rasa suasana tertekan, cemas, sedih, murung, suka menyendiri, bahkan tidak berminat dalam melakukan aktivitas apapun. Berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya depresi dapat berasal dari diri sendiri, faktor lingkungan, pendidikan, serta keluarga. Maka dari itu, kesadaran satu sama lain akan kesehatan mental perlu diperhatikan.

"Jika depresi ini dibiarkan begitu saja maka akan mengakibatkan seseorang melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti pada kasus mahasiswa UIN Jember, dimana telah disebutkan sebelumnya bahwa diduga akibat perasaan yang tidak puas, cemas dan overthinking terhadap kinerjanya sebagai panitia, dan dia juga menghindari kegiatan sosial serta tidak adanya dukungan emosional sekitar dengan baik sehingga pada akhirnya memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri," pungkasnya saat diwawancarai di kampus 2 UIN Jakarta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun