Mohon tunggu...
Lilis LarasSari
Lilis LarasSari Mohon Tunggu... LILIS LARAS SARI

lilis laras sari UMPwr PGSD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Problem Solving bagi Siswa Zaman Milenial

19 April 2021   19:19 Diperbarui: 19 April 2021   19:40 35 1 0 Mohon Tunggu...

Pentingnya problem solving bagi siswa zaman sekarang

Proses pemikiran dalam memecahkan berbagai masalah bagi peserta didik di jaman sekarang ini sangatlah penting untuk dikembangkan. Mungkin yang dapat dimaksud termasuk kategori kita harus berfikir kritis saat menemukan sebuah masalah yang harus dihadapi maupun diselesaikan. Karena tujuan utama dari problem solving adalah menemukan solusi terbaik dari suatu permasalahan. 

Oleh sebab itu setelah memikirkan alternatif yang ada, cobalah tentukan solusi mana yang paling tepat. Untuk menentukan solusi yang paling tepat, pertimbangkanlah solusi mana yang tidak berpotensi menyebabkan masalah lainnya.

Maka dari itu, terutama pa pembelaharan IPA pada jenjang apa saja harus dapat memilih metode yang akan dilakukan. Dan mungkin yang paling tepat yaitu metode problem solving ini karena dengan metode ini pembelajaran IPA memungkinkan siswa untuk dapat memiliki kemampuan melakukan observasi dan eksplorasi kemampuan diri.

Metode Problem solving suatu cara yang digunakan untuk memberikan rangsangan belajar kepada peserta didik untuk dapat membuat mereka berpikir secara nyata dan menganalisis, memecahkan masalah kemudian mengambil kesimpulan dari masalah yang ada dengan langkah-langkah atau siklus 1) Identifikasi masalah, 2) Mencari data untuk memecahkan masalah, 3) Menetapkan strategi dan hipotesis atau jawaban sementara, 4) Menguji kebenaran hipotesis, 5) Membuat kesimpulan.

VIDEO PILIHAN