Mohon tunggu...
Lilik IndraWati
Lilik IndraWati Mohon Tunggu... Mahasiswi

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Imajinasiku Menentukan Kreativitasku dan Hasta Karyaku

4 Desember 2020   07:10 Diperbarui: 4 Desember 2020   07:16 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Imajinasiku Menentukan Kreativitasku dan Hasta Karyaku
cuitandokter.com

Imajinasi adalah suatu pikiran untuk menciptakan sesuatu yang hanya berupa angan angan saja dalam hal segala sesuatu apapun itu. Nah, sedangkan kreativitas adalah suatu potensi  yang ada pada diri seseorang yang sesuai dengan kemampuannya, dengan adanya kerativitas,  seseorang akan  mengaplikasikan imajinasinya untuk menghasilkan sebuah kreativitas ( menciptakan Sesuatu dengan hal-hal yang baru).

Tidak ada batasannya jika seseorang memiliki imajinasi dan kreativitas yang dikembangkan untuk menghasilkan suatu hasta karya, apasih yang dimaksud dengan hasta karya??? Mengapa saya bertanya tentang ini ??

Karena pada awalnya saya memang agak asing dengan kata "Hasta Karya" nah dengan adanya alat alat elektronik yang canggih ini saya cek di mbah google, dalam hati saya berbicara "Oh ternyata hasta karya tuh kerajinan tangan toh"dan  saya yakin masyarakat  zaman now ini  masih banyak yang belum mengenal tentang arti bahasa hasta karya , karena bahasa yang sudah meluas dan mewakilkan arti dari hasta karya dimata masyarakat yakni sama artinya dengan kerajinan tangan.

Di suatu hasta karya alat dan bahan bahan yang bagus  tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk menjadikan hasta karya yang baik. Sebab bahan- bahan yang danggap  remeh dan sederhana pun bisa di jadikan hasta karya yang memiliki nilai ke-estetikan yang tinggi. Tetapi  barang yang mahal dan berkualitas yang digunakan untuk menghasilkan suatu hasta karya, belum tentu bahwa hasilnya juga akan kurang bagus. Bahan dan alat tidak bisa dijadikan tolak ukur.

Yang seharusnya dijadikan tolak ukur terhadap hasil dari hasta karya yaitu "IMAJINASI DAN KREATIVITAS" wow sampe tulisannya di caps lokc. Dengan adanya 2 kemampuan tersebut dan keduanya digabungkan maka akan menghasilkan suatu hasta karya yang bernilai, bermanfaat dan bagus.

Akhir- akhir ini saya sering membuat hasta karya yang biasa tetapi menurut saya luar biasa wkwkwk, hasta karya yang saya buat adalah mengubah kardus bekas yang diubah menjadi wadah segala sesuatu yang dapat bermanfaat bagi barang saya, seperti wadah  make-up, wadah accesoris, yang ditempelkan didinding.  Manfaat dari hasta karya ku yakni barang-barang tidak berserakan lagi dan tertata dengan rapi. 

Hasta karya selanjutnya yakni bisa membuat pot lucu berbentuk kucing yang terbuat dari botol bekas. Hasta karya yang satu ini mungkin sangat digemari oleh seseorang pecinta aneka tanaman dan bunga. Biasanya hasta karya ini digunakan sebagai hiasan di dalam rumah . cara membuatnya sangatlah mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama dan bahan yang sederhana, bahannya yaitu botol bekas (Sprit), gunting, cat warna dan lain-lain. 

Caranya potong botol bekas yang sudah dibentuk seperti kucing, kemudian dicat menggunakan warna yang sesuai. Setelah itu gambarlah mata, mulut, hidung, kumis kucing dengan menggunakan spidol. Yang terakhir masukkan tanaman, tanah, dan batu ke dalam botol yang sudah dibentuk menjadi  kucing dan  yang sesuai dengan yang diinginkan.

Mengubah stik es krim menjadi figura, bahannya sangat mudah sekali, siapkan stik yang terbuat dari bambu, lem , kardus bekas, dan hiasan lainnya. Cara membuatnya rangkailah stik es krim menjadi figura yang sesuai dengan keinginan. Tempelkan stik es krim yang sudah di rangkai, dan tempelkan di kardus yang sudah di beri foto. Boleh stik ek krim di cat atau diberi hiasan hiasan yang dapat member kesan mewah.

Membuat boneka dari kain bekas atau kain flannel, siapkan kainnya, gunting, ala jahit dan dakron. Langkahnya buatlah pola pada kain yang sudah anda miliki kemudian jahit lah sebagian yang sudah anda bentuk , kemudian isilah boneka dengan dakron sampai penuh dan akhirnya jahitlah semua sampai terbentuk menjadi boneka, bisa di tambahkan mata, hidung, mulut atau yang lainnya.

Merubah pita menjadi bunga hias, bahannya pita, lem atau solatip, kawat kecil, gunting dan lain-lain. Cara membuatnya sangatlah mudah potong pita yang akan dijadikan bunga sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, kemudian  berikan selotip ke sebagian pita , ambil sehelai benang dari pita yang bisa membuatnya menjadi pita yang teruai, setelah itu tempelkan kawat kecil ke pita yang sudah ada selotipnya dan kemudian putar putar sampai di ujung selotip yang ada di pita. Yeay lakukan beberapa kali pembuatan agar bisa menjadikan sebuah hiasan yang cantik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN