Mohon tunggu...
Lilik IndraWati
Lilik IndraWati Mohon Tunggu... Mahasiswi

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mengapa Otak Sering Kali Lupa?

20 Februari 2020   01:31 Diperbarui: 20 Februari 2020   01:33 20 1 0 Mohon Tunggu...

Kebanyakan orang, menganggap bahwa sifat pelupa itu sangat identik dengan orang tua atau orang yang sudah lanjut usia. Akan tetapi, faktanya saat ini pelupa juga bisa dialami oleh mereka yang masih muda.

Otak adalah organ pusat syaraf yang berfungsi berpikir atau untuk menyimpan ingatan. Meskipun kita memiliki organ untuk menyimpan ingatan tertentu, tapi ternyata kita juga masih bisa melupakan sesuatu, contohnya:  dengerin materi, ceramah, seminar, tapi ketika itu semua sudah selesai, ngga lama kemudian lupa tadi itu apa sih yang disampaikan??? Itu merupakan kondisi yang sangat menjengkelkan .

Lalu saat kita berangkat ke kampus, tak usah di ingatkan pun mungkin secara tidak sadar tubuh kita akan bergerak menuju ke kampus. Itulah yang disebut memory jangka panjang, sesuatu yang terjadi secara terus menerus sehingga mudah diingat oleh otak kita. Seperti nama serta wajah teman, atau wajah seseorang yang kita sayang.

Kenapa otak kita sering lupaaaa???
-penyebab utama bisa jadi kebiasaan : hal ini dikarenakan kebiasaan yang terjadi terus menerus yang selanjutnya akan tersimpan di memory jangka panjang. Namun jika kita mengubah kebiasaan, otomatis memori jangka panjang masih mengingat atau menyimpan kebiasaan lama kita. Contohnya: mengubah nama kita yang asli dan diganti dengan nama yang baru.

-penyebab kedua bisa juga karena faktor perhatian contohnya: bayangkan sekarang ada seseorang yang ada di hatimu, dan tiba-tiba seseorang yang ada di hatimu tersebut sedang lewat du depanmu, apalagi dia tersenyum kepadamu. Otomatis kamu akan selalu mengingat kejadian tersebut, selama kamu masih memiliki rasa perhatian.

-penyebab ketiga bisa juga karena faktor manfaat, banyak sekali hal yang kita lupakan hanya karna barang itu tidak bermanfaat.  

Masih banyak penyebab kenapa otak kita sering lupa?, karena mengingat waktu dan lain-lainya seperti: ketika kita sedang setres, mengantuk, penyakit otak, dan lain-lain.

Termasuk hasil dari penelitian yang dilakukan di Harvard University, beberapa hal yang menyebabkan seseorang menjadi pelupa. Sebenarnya kebanyakan dari kebiasaan(gaya hidup) dan apa yang kita konsumsi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x