Menurut piaget (1951) adalah kegiatan yang dilakukan berulang-ulang demi mendapatkan kesenangan.Â
Menurut Hurlock (1987) adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulka  tanpa memperoleh hasil akhir.Â
Hughes (1999) seorang ahli perkembangan anak dalan bukunya Children, Play And Development, mengatakan bermain merupakan hal yang berbeda dengan belajar dan bekerja.Â
Mulyadi (2004) secara imum seringdikaitkan dengan kegiatan anak-anak yang dilakukan secara spontan.Â
Permainan adalah alat yang digunakan anak untuk bermain.Â
Â
Faktor -faktor yang mempengaruhi bermain dan permainan :
1. Kesehatan : semakin baik kesehatan anak, maka semakin banyak waktu anak untuk bermain.Â
2. Perkembangan motorik: semakin baik motorik pada anak, maka semakin banyak permainan yang dimainkan anak.Â
3. Lingkungan: jenis kelamin,status sosial wkonomi,jumlah waktu yang bebas, peralatan bermain.Â
Tujuan bermain dan permainan:Â
1. Bermain untuk pengembangan fisik motorik anak usia dini.Â
2. Bermain untuk pengembangan kognitif anak.Â
3. Bermain untuk pengembangan sosial emosional anak.Â
4. Bermain untuk pengembangan bahasa.Â
 Masalah dalam permainan:Â
Kurangnya pengalaman anak.???
Terbatasnya alat permainan.
Tidak adanya aturan yang jelas dalam permainan.Â
Kadang kadang orang tua tidak mengawasi ketika anak bermain .