Mohon tunggu...
Liliek Pur
Liliek Pur Mohon Tunggu... belajar terus

-

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Mengapa Pewawancara Kerja Sering Menanyakan Ini dan Bagaimana Menyikapinya?

6 Juni 2020   13:18 Diperbarui: 7 Juni 2020   15:00 1674 45 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Pewawancara Kerja Sering Menanyakan Ini dan Bagaimana Menyikapinya?
Ilustrasi pelamar kerja (Sumber: www. istockphoto.com)

Seseorang yang telah merasakan bekerja pada suatu institusi atau perusahaan, hampir pasti pernah melewati tahap seleksi yang satu ini. Ya, sebuah tahapan kritis ketika seorang pencari kerja menghadapi seorang atau beberapa orang  pewawancara kerja.

Seringkali terjadi, fase ini menjadi batu sandungan hasrat hati seseorang memasuki dunia kerja. Saya pun acap mengalaminya.

Ketika saya dalam tahap memburu kerja, kadang-kadang saya juga merasakan wawancara kerja sebagai momok yang cukup menakutkan. Dalam beberapa kesempatan, harapan saya terganjal oleh "makhluk seram" bernama pewawancara kerja.

Setelah melalui serangkaian kegagalan, suatu saat saya berhasil melewati titian yang kerap menjatuhkan kandidat pekerja ini. Tak dinyana, bahkan di sebuah perusahaan saya sempat beberapa waktu ngicipin rasanya menjadi pewawancara kerja.

Terdapat sekian banyak jenis pertanyaan yang sering diajukan seorang pewawancara kerja. Di antara sekian banyak pertanyaan, saya mengingat sebuah pertanyaan hampir selalu meluncur dari bibir para pewawancara kerja.

Pertanyaan yang saya maksudkan adalah permintaan sang pewawancara agar kandidat yang diwawancarainya menceritakan keunggulan yang dimilikinya.

Urusan wawancara kerja, baca juga yang ini: Gagal Saat Wawancara Kerja? Beberapa Hal Ini  Bisa Jadi Penyebabnya

Pertanyaan yang Gampang Dijawab?

Sepintas terasa bahwa pertanyaan ini sangat menguntungkan seorang kandidat pekerja. Coba saja bayangkan suasana ketika kita diminta menceritakan kehebatan kita.

Menceritakan hal-hal yang merupakan keunggulan kita tentu saja sangat menyenangkan. Bahkan tak jarang ia membikin kita serasa melambung ke atas awan.

Hal yang sama dikemukakan oleh Paul Falcon dalam buku yang mengupas tentang wawancara kerja berjudul "96 Pertanyaan Penting untuk Merekrut Karyawan Handal". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN