Mohon tunggu...
Liliek Pur
Liliek Pur Mohon Tunggu... belajar terus

-

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pesan Jokowi tentang Masa Pandemi Mengingatkan Pentingnya Kita Menuntaskan 2 Hal Ini

18 April 2020   14:50 Diperbarui: 18 April 2020   14:49 118 17 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesan Jokowi tentang Masa Pandemi Mengingatkan Pentingnya Kita Menuntaskan 2 Hal Ini
Ilustrasi: Pexels.com/Edward Jenner

Presiden Jokowi telah meyakini bahwa masa pandemi Corona akan memakan waktu hingga akhir tahun ini. Keyakinan itu disampaikan Pak Jokowi saat memimpin rapat terbatas "Mitigasi Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata" Kamis tanggal 16 April 2020 yang lalu, seperti diberitakan kompas.com. Peringatan Pak Presiden ini tentu saja berimplikasi pada banyak hal dalam kehidupan kita.

Pandemi Corona telah menunda banyak sekali rencana, baik yang bersifat perorangan, keluarga hingga tingkat negara. Ada dua program pemerintah yang sejauh ini telah tertunda akibat pandemi Corona. Keduanya  adalah Sensus Penduduk 2020 secara daring dan laporan SPT Pajak.

Sedianya, kedua proyek itu harus kelar pada bulan Maret yang lalu. Namun wabah virus telah membuat pelaksanaannya bergeser. Sesuai penjadwalan yang telah ditetapkan oleh masing-masing institusi yang bertanggung jawab, partisipasi masyarakat ditunggu hingga akhir bulan April ini untuk pelaporan SPT Pajak 2019 dan tanggal 29 Mei 2020 untuk mengisi survei Sensus Penduduk 2020 secara online.

Sebagai seorang warga negara, saya bersyukur telah tuntas menjalankan keduanya. Sensus online saya selesaikan tanggal 31 Maret 2020, sesuai tenggat awal BPS. Sementara itu, laporan SPT Pajak saya tuntaskan tanggal 17 April 2020.

Tuntaskan Kewajiban, Berkurang Beban

Dua lembar berkas menjadi "saksi bisu" selesainya urusan saya dengan kegiatan Sensus Penduduk 2020 dan laporan SPT Pajak tahun 2019. Perasaan saya pun menjadi lega karena beban berkurang. Setidaknya terdapat dua hal yang membikin hati merasa tenang dan bahkan juga memunculkan rasa senang.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Pertama, saya merasa tidak lagi dikejar-kejar kewajiban sehingga saya bisa berfokus pada kegiatan-kegiatan lainnya. Sebelum menyelesaikan kedua urusan itu, saya seperti merasa terbebani hutang.

Laporan pajak jelas merupakan kewajiban warga negara selaku Wajib Pajak. Kelalaian untuk melaksakannya sesuai waktu dan cara yang telah ditentukan bisa berujung sanksi denda atau bahkan pidana.

Sementara itu, pengisian kuesioner dalam rangka Sensus Penduduk 2020 agaknya memberikan beban yang lebih ringan ketimbang pelaporan SPT Pajak. Sensus secara daring merupakan salah satu alternatif pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Penduduk yang tidak mengisi dan mengirimkan survei secara daring akan didata oleh petugas yang akan mengunjungi rumah-rumah warga pada bulan September mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x