Mohon tunggu...
Liliek Pur
Liliek Pur Mohon Tunggu... belajar terus

wiraswasta

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menurut Virgil van Dijk, Tak Ada Pecundang di Ballon d'Or

3 Desember 2019   12:01 Diperbarui: 3 Desember 2019   12:19 0 19 6 Mohon Tunggu...
Menurut Virgil van Dijk, Tak Ada Pecundang di Ballon d'Or
ilustrasi: premierleage.com

Dalam perhelatan Ballon d'Or tahun 2019 yang hasilnya diumumkan beberapa saat lalu di Paris, saya lebih tertarik untuk membahas kiprah Virgil van Dijk ketimbang kandidat-kandidat lainnya. Bukan karena tidak menghargai pencapaian Lionel Messi. Enam raihan terbaik dalam kancah persepakbolaan dunia tentu saja luar biasa.

Juga prestasi para pesepak bola lainnya yang masuk sebagai kandidat penerima penghargaan Ballon d'Or seperti Christiano Ronaldo, Sadio Mane, Mohammed Salah, Kylian Mbappe, dan beberapa pemain lainnya.

Semua pemain yang masuk nominasi peraih penghargaan yang mulanya digagas oleh Gabriel Hanot itu telah tampil memikat bersama dengan tim mereka masing-masing. Namun bagi saya, van Dijk memiliki daya tarik tersendiri.

Daya Tarik van Dijk

Daya tarik van Dijk terletak pada sikapnya yang sangat sportif, selain tentu saja permainannya yang apik sepanjang musim. Beberapa hari menjelang pengumuman pemenang Ballon d'Or tahun 2019 ini, ia memberikan pernyataan yang sangat menenteramkan hati.

"Saya akan melihat baik-baik, ini semua soal apa. Saya akan berada di sana untuk sebuah alasan dan tidak akan ada pecundang di malam itu."

Begitulah ungkapan van Dijk yang menyejukkan hati. Persaingan di lapangan yang sangat keras tak membuat hatinya lantas menjadi panas. Ia mampu menjaga sikap dan ucapannya dalam koridor yang sehat.

Seusai ditetapkannya Lionel Messi sebagai pemenang, sikap van Dijk tak berubah. Bek tengah Liverpool asal Negeri Kincir Angin itu tetap menjaga sikapnya dengan amat baik.

"Mereka fantastis. Memenangi enam Ballon d'Or, Anda harus menghargai kehebatannya. Saya nyaris memenanginya, tapi memang ada pemain yang sedikit lebih hebat."

Dalam ungkapannya yang terakhir ini, van Dijk terdengar sedikit kecewa atas "kekalahannya". Namun jiwa besarnya tetap menjunjung sportivitas. Ia tak segan mengacungkan jempol kepada rival beratnya dalam perebutan status pemain sepak bola terbaik sejagat, Lionel Messi.

Betul sekali yang dikatakan van Dijk, tidak ada pecundang dalam pergelaran Ballon d'Or. Semua pemain, termasuk van Dijk sendiri, telah memenangi pertarungan terutama melawan diri mereka sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN