Mohon tunggu...
Lilia Gandjar
Lilia Gandjar Mohon Tunggu... Tutor - Penikmat aksara dan pencinta kata-kata.

Penyuka dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Bunga Bank 0%, Bagaimana Cara Menghadapi Suku Bunga Rendah?

20 September 2022   19:00 Diperbarui: 20 September 2022   19:02 236 16 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bunga Bank 0%, Bagaimana Cara Menghadapi Suku Bunga Rendah? Sumber: www.freepik.com

Apa itu Bank?

Bank merupakan lembaga keuangan. Kegiatan utama bank adalah menghimpun dan menyalurkan dana.

Bank mengumpulkan uang nasabah lewat tabungan, deposito, dan giro. Penyaluran dana oleh bank dengan cara memberikan fasilitas kredit (pinjaman beli rumah, pinjaman beli mobil, pinjaman usaha, dll.)

Selain kegiatan utama, bank komersil sebagai industri keuangan dapat menyediakan inovasi jasa. Misalnya, perantara dalam transaksi keuangan (pembayaran tagihan), online banking, atau memberikan layanan investasi Reksadana.

Dengan demikian, bank memegang peran penting dalam sistem pembayaran. Suatu bank membantu pertumbuhan ekonomi nasabah maupun negara.

Apa itu Suku Bunga?

Bunga didefinisikan sebagai imbalan yang dibayarkan untuk penggunaan uang orang lain.

Tingkat suku bunga menginformasikan nasabah tentang seberapa tinggi biaya pinjaman, atau nilai penghargaan untuk tabungannya.

Apa Pengaruh dari Suku Bunga Rendah?

Suku bunga rendah adalah katalis pertumbuhan ekonomi. Keuntungan dari bunga rendah adalah terciptanya ekonomi yang kuat.

Suku bunga yang rendah berarti biaya peminjaman uang lebih murah. Nasabah perorangan atau perusahaan akan cenderung mengambil pinjaman. Hasilnya, ada lebih banyak uang untuk dibelanjakan.

Peningkatan pengeluaran individu dan perusahaan akan mendorong roda ekonomi bergerak. Dan akhirnya akan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Yang artinya, ekonomi negara menjadi lebih kuat.

Sedangkan untuk bank, suku bunga rendah akan meningkatkan resiko. Pertama, standar pinjaman melonggar. Dan kedua, pemberian kredit baru dengan limit yang lebih tinggi.


Bagaimana Cara Menghadapi Suku Bunga Rendah?

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Alinea Ke-2 Pembukaan UUD 1945

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan