Mohon tunggu...
Lilia Gandjar
Lilia Gandjar Mohon Tunggu... Tutor - Penikmat aksara dan pencinta kata-kata.

Penyuka dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Berkebun, Hobi dan Persediaan Makanan Darurat

21 Juli 2022   09:41 Diperbarui: 21 Juli 2022   09:56 410
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berkebun, Hobi dan Persediaan Makanan Darurat.  |  Sumber: www.freepik.com

Kehadiran putri kecil mengubah hidup saya. Dulu, saya merasa hidup tanpa arti. Sekarang, saya tahu arti hidup lewat dia.

Pagi itu, putri kecil bertanya, "Apa yang Mama baca?" Dia bertanya sambil membaringkan dirinya di depan saya.

"Mama sedang membaca tentang tradisi bertani," ujar saya. "Menurut artikel ini, sekarang, profesi petani kurang diminati. Anak-anak muda lebih suka profesi lain, profesi yang lebih keren. Apa pendapat kamu?"

Putri kecil berkata, "Selama manusia ada di bumi, manusia butuh makan."

"Betul," kata saya. "Petani itu pekerjaan yang penting. Apa kamu ingat slogan Paw Patrol?"

"No job is too big, no paw is too small," jawab putri kecil.

Petani itu mulia. Mereka berpeluh-peluh di ladang, bersabar-sabar menanti panen. Bekerja untuk menyediakan bahan makanan.

Saya mempergunakan pekarangan untuk bercocok tanam. Sekalipun lahan itu hanya berukuran 1 m x 1,8 m. Yang penting ada tanaman hijau di halaman depan.

Kebun mini. (Dokpri)
Kebun mini. (Dokpri)

Tanaman yang memiliki krolofil, zat hijau daun, melakukan fotosintesis. Mereka 'memakan' CO2, karbondioksida, dari udara. 'Meminum' H2O, air, dari dalam tanah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun