Mohon tunggu...
Lilia Gandjar
Lilia Gandjar Mohon Tunggu... Pengajar, Penulis, Pencinta Lingkungan

Lulus dari Teknik Kimia dan menyukai dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Miss, Roh Kudus Apaan Sih?

3 Juni 2020   06:00 Diperbarui: 6 Juni 2020   12:46 118 12 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Miss, Roh Kudus Apaan Sih?
ilustrasi: pixabay.com

Tidak terasa sudah berlalu hari Pencurahan Roh Kudus. Greget hari spesial ini kalah jauh dari mewahnya Natal. Kalah dengan semarak Paskah. Bahkan tenggelam dalam hebohnya Kebangkitan Kristus.

Maklumlah, sebab hari Pencurahan Roh Kudus tidak tercantum dalam kalender. Kalaupun tercantum, itu akan menjadi hal yang paling menggelikan. Seakan Roh Kudus memiliki waktu yang terbatas untuk melawat umat.

Ada satu hal yang menarik sekaligus menggelitik. Nadiem Makarim mampu memberikan definisi yang tepat tentang impartasi Roh Kudus. Pembelajaran sepanjang hayat.

Menarik? Namun sebelum membahas lebih jauh, mari kembali ke topik pertama. Siapakah Roh Kudus?

Roh Kudus Sebagai Penolong, Pembela, dan Penasehat

"And I will ask the Father, and he will give you another Helper, to be with you forever,"
ESV, John 14 : 16

Kristus mengatakan bahwa Roh Kudus adalah penolong. Kata penolong atau parakletos dapat juga diartikan sebagai pembela. Fungsi lainnya adalah penasehat, ya'ats.

Roh Kudus menolong didalam keseharian. Ia mempersiapkan mental untuk menerima suatu masalah tanpa menghakimi. Accept as it is.

Sebagai pembela, Roh Kudus tahu hal yang manusia tidak tahu. Ia tahu motivasi dan kepentingan di balik tiap masalah. Roh Kudus tahu posisi masing-masing orang dalam suatu masalah. Sehingga Dia membela kasus yang tertindas dihadapan Bapa.

Sebagai pembimbing, Roh Kudus menyatakan kesalahan-kesalahan. Dia memperbaharui karakter dari waktu ke waktu. Roh Kudus memampukan seseorang untuk berubah, sekalipun sifat atau kebiasaannya mustahil diubah.

Roh Kudus Sebagai Pengajar

"But the Helper, the Holy Spirit, whom the Father will send in my name, he will teach you all things and bring to your remembrance all that I have said to you."
ESV, John 14 : 26

Belajar sepanjang hayat bersama Roh Kudus. Tiap hari, tiap waktu, Roh Kudus membawa pada beragam pelajaran hidup. Merekam jejak kata-kataNya di sel-sel kelabu otak, di relung hati yang dalam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN