Mohon tunggu...
Lili DasaPutri
Lili DasaPutri Mohon Tunggu... Dosen - Dosen PLS FIP UNP

Dosen PLS FIP UNP

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Car Free Day sebagai Salah Satu Wisata Edukasi di Saat Pandemi

30 Juni 2021   07:00 Diperbarui: 30 Juni 2021   07:01 371 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Banyak  cara  dilakukan  untuk  melepas  kepenatan,  ada  yang  liburan  ke  luar  kota,  ketempat wisata, dan bahkan keluar negeri untuk membuang kejenuhan  yang diakibat dari pekerjaan sehari-hari. Namun tidak semua orang juga bisa berlibur disaat penat karena terbatas waktu dan biaya  yang cukup besar juga ditambahlagi terbatasnya kegiatan untuk perjalanan akibat dari pandemi. Saat ini kota-kota besar sudah mengadakan car free day, event ini dilakukan satu kali dalam seminggu. Car Free Day (CFD) merupakan aktifitas olahraga masyarakat setiap Minggu pagi di Jalan Pusat kota,  mulai  dari  jam  6.00 -10.00  Wib.  Kegiatan  Car  Free  Day mengusung  tagline,  no  politik, no  pornografi,  no  sampah  dan  selama  kegiatan  tidak  ada kendaraan bermotor yang melewati jalan tersebut. Banyak hal yang dapat dilakukan dan banyak manfaat  yang  dapat  dirasakan  mengikuti  car  free  day  ini.  Didalam  kegiatan  Car  Free  Day tersebut,  banyak  kegiatan  yang  berlangsung,  diantaranya  senam,  komunitas  bersepeda, komunitas  sepatu  roda,  komunitas  skuter,  komunitas  fotografer,  komunitas-komunitas tersebut menawarkan jasa kepada pengunjung dengan tarif yang terjangkau.

Kejenuhan dari pekerjaan dan rutinitas yang dilakukan baik oleh anak-anak, dewasa, maupun orangtua membutuhkan wadah yang membuat mereka fresh. Kondisi pandemi Covid 19 yang tak kunjung usai membuat keluarga memutar kepala agar bisa merefresh otak dan badan melalui kegiatan yang dapat dilakukan secara  berbarengan tanpa meninggalkan atau mengabaikan prokes kesehatan. Beberapa kota telah membuka kembali event car free day, salahsatunya Kota Padang. Kegiatan ini sudah dibuka untuk pengunjung beberapa waktu lalu. Geliat Car free day juga telah dapat dinikmati masyarakat sehingga masyarakat mendapatkan charge energy setelah banyaknya rutinitas dimasa pandemic ini. Kemudian kegiatan ini juga memberikan sumbangsih yang besar kepada masyarakat disamping sebagai hiburan dan edukasi juga tak kalah penting adalah tempat untuk berolahraga sehingga dapat meningkatkan imun dan membuat badan fresh kembali.  Car  free day  sebagai  salah satu  bentuk  wisata  edukasi yang banyak menyajikan konten pendidikan secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu pada car free day para pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner lokal, nasional dan bahkan internasional. Selain bisa refreshing pada car free day juga bisa mendapatkan barang-barang  keperluan  sehari-hari,  karena  banyak  penjual  yang  kita  temui  disana  dan  menjual berbagai macam jenis barang..

Ada Berbagai hal yang disajika pada event car free day, pengunjung disuguhkan pemandangan yang beragam, salah satunya seperti banyaknya pegiat UMKM ikut andil dalam menjajakan barang dagangannya mulai dari kuliner, fashion, kerajinan tangan, accessories, bahan makanan, peralatan rumahtangga hingga pritilan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat atau pengunjung. Care free day pantas disebut sebagai alternatif wisata edukasi bagi keluarga, ini dibuktikan dengan banyaknya hal yang disajikan dalam event ini serta bisa  dinikmati  oleh semua  usia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan