Mohon tunggu...
Mohammad Iman Mahlil
Mohammad Iman Mahlil Mohon Tunggu... Fraud Examiner and Investigator

Sudut pandang kita berbeda, bahkan data yang sama bisa diartikan berbeda. Mari kita analisa data bersama walaupun interpretasi berbeda

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Memahami dan Menyelesaikan Hutang dengan Cerdas

30 Juli 2019   11:49 Diperbarui: 31 Juli 2019   10:24 75 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami dan Menyelesaikan Hutang dengan Cerdas
Sumber : Tom's guide

Berutang, bagi beberapa orang adalah aib, karena berutang menunjukkan ketidakmampuan. Saya akan mengatakan bahwa statement "berutang karena tidak mampu" tidak tepat, kreditur yang memberikan utang memakai analisa justru akan memberikan pinjaman kepada orang yang sangat layak, bukan orang tidak mampu. 

Tahap awal ini saya akan memberikan tips bagaimana mendapatkan pinjaman dengan melihat analisa apa saja yang dilakukan agar pinjaman diberikan, tahap berikutnya akan saya berikan cara menyelesaikan kredit.

Pada dasarnya pemberian utang atau kredit didasarkan oleh 5C's (saya akan bahas secara umum, kemudian bahas jika menggunakan fintech) sbb :

Character

Karakter menilai niat si calon debitur, prediksi kemauan membayar angsuran, kebiasaan hidup, pola hidup, yang tujuannya membuat profil calon debitur apakah dapat dipercaya atau tidak.

Capacity

Kapasitas calon debitur menilai kemampuan finansial sehingga dapat memprediksi kemampuan membayar angsuran dan melunasi kredit.

Capital

Kapital menggambarkan kondisi modal dan kekayaan calon debitur

Condition

Kondisi dianalisa untuk melihat faktor-faktor diluar bank dan calon debitur yang dapat mempengaruhi kemampuan menyelesaikan pinjaman pada waktunya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN