Mohon tunggu...
Faustina Rosalia
Faustina Rosalia Mohon Tunggu... Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi angakatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Di Indonesia Baring-baringan di Taman Kok Aneh?

13 Oktober 2020   21:49 Diperbarui: 13 Oktober 2020   21:59 90 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Indonesia Baring-baringan di Taman Kok Aneh?
model: Victoria Ester Mote/dokpri

Sejak dulu kita mengetahui bahwa liburan adalah saat dimana kita dapat menikmati kegiatan sehari-hari dengan lebih santai tanpa memikirkan beban rutinitas sehari-hari yang dianggap melelahkan, seperti sekolah. 

Dalam pemahaman yang kita ketahui berdasarkan pada pengalaman sebelumnya, liburan yang ada di Indonesia hanya dilakukan pada saat tanggal merah, atau hari libur yang telah tetapkan dan disepakati bersama.

Namun, pernahkan kamu berpikir bagaimana cara menentukkan hari libur di negara-negara lainnya?

Seperti contohnya di China. Ada seorang teman saya yang menceritakan pengalamannya selama melakukan studi di China, dia menceritakan bahwa disana mereka memiliki perbedaan dalam hal liburan. 

Terdapat beberapa ketetapan selain hari libur berdasarkan peristiwa penting nasional, mereka juga mengadakan sebuah liburan disaat pergantian musim, seperti peralihan musim panas ke musim dingin, dan musim dingin ke musim semi.

Tidak hanya di china, perbedaan dalam penentuan libur juga terjadi di Jerman, dimana negera tersebut juga memiliki empat musim, yang dalam setiap peralihan musimnya terdapat jeda libur, baik sekolah maupun beberapa pekerjaan tertentu.

Lantas bagaimanakah cara orang-orang dari berbagai negara melewati masa liburannya?

Kalau di Indonesia, biasanya pada awal liburan akan dihabiskan dengan membersihkan rumah dan pekarangan, hingga pada akhir liburan akan dilakukan perjalanan singkat bersama keluarga ataupun teman-teman. Namun, ada juga yang memanfaatkan sepanjang waktu liburan untuk berpergian bersama keluarga ke tempat yang jauh.

Sedangkan di beberapa negara dengan empat musim, cara mereka untuk menghabiskan liburan, juga terdapat berbagai cara.

Salah satunya yang paling terihat adalah saat liburan musim semi, dimana sebagian penduduknya menghabiskan liburan dengan menikmati pemandangan alam, seperti berpergian dengan menikmati musim semi di taman, atau pun berkemah di alam terbuka. 

Tak jarang juga mereka berpergian dari satu kota ke kota lain untuk bertemu dengan sanak saudara, ataupun ke tempat hiburan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x