Mohon tunggu...
Maulana Louiscakra
Maulana Louiscakra Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN PULANG KAMPUNG UNIVERSITAS NEGERI MALANG - Desa Ngrendeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung

Iya mau nulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Ikut Serta dalam Tradisi Masyarakat Desa Ngrendeng

7 Juli 2021   21:07 Diperbarui: 7 Juli 2021   21:12 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Ikut Serta dalam Tradisi Masyarakat Desa Ngrendeng
Acara Slametan di Punden Desa Ngrendeng

Mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti acara slametan di Punden yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara ruwatan desa (bersih desa) Ngrendeng. Slametan merupakan sebuah agenda komunal yang diselenggarakan di daerah Jawa. 

Agenda tersebut juga merupakan sesuatu yang umum diselenggarakan oleh kalangan Sunda, dan Madura dengan notabene sebagai "saudara dekat".

Slametan biasanya diadakan/diselenggarakan untuk merayakan hampir semua kejadian, seperti; kelahiran, pernikahan, kematian, pindah ke rumah baru, dan acara perayaan dengan niat baik. Tergantung pada niatnya, suasana hati dan penekanannya mungkin agak berbeda, tetapi struktur utamanya (acara) tetap sama. 

Slametan umumnya diadakan pada malam hari, setelah sholat maghrib selesai. Waktu dari pelaksanaan ditentukan oleh kejadian yang dirayakannya, pada agenda kali ini acara dilakukan pada tanggal 23 Juni 2021 bertempat di Punden yang terletak di Desa Ngrendeng. Slametan ini diadakan sebagai acara pembukaan dari ruwatan desa (bersih desa).

Punden merupakan sebuah makam dari dhanyangan desa, dhanyangan sendiri merupakan seseorang yang dianggap sebagai cikal bakal yang mendirikan/mencetuskan/mendeklarasikan sebuah daerah oleh masyarakat sekitar.

Keikutsertaan Mahasiswi KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang
Keikutsertaan Mahasiswi KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang

Pada agenda kali ini, mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang (UM) berkesempatan untuk ikut serta dalam acara yang diselenggarakan oleh pihak Desa Ngrendeng. Mahasiswa maupun mahasiswi sangat antusias dalam melaksanakan prosesi, dari membantu menyiapkan berkat (makanan) hingga keikutsertaan dalam pembacaan doa.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan