Mohon tunggu...
Lidya Fitrian
Lidya Fitrian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Blogger | Content Writer www.fitrian.net

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Support System Terdekat Tentukan Anak Lulus ASIX

2 Oktober 2022   16:29 Diperbarui: 2 Oktober 2022   16:41 93 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Koleksi Pribadi. Foto edited by canva

Pengalaman kehamilan, proses persalinan hingga pengasuhan anak pertama dijadikan pemicu semangat ketika saya mengalami kehamilan kedua. 

Jangan sampai kesalahan yang pernah dibuat terulang kembali khusus dalam hal pemberian ASI pada si kecil. 

Sulung saya memang sih mendapatkan ASI, tapi ada waktunya saya pun memberikan susu formula karena kondisi baby yang tidak memungkinkan mengonsumsi ASI secara full.

Pada saat persalinan anak kedua, kami sudah merencanakan untuk memberikan ASIX atau ASI Exclusive selama 6 bulan dan melanjutkannya hingga 2 tahun berdampingan dengan pemberian MPAS atau Makanan Pendamping ASI. 

Dengan niat dan tekad yang kuat Alhamdulillah bisa lulus ASIX di bulan ke-6 setelah kelahiran si bungsu dan melanjutkan ASI sampai 2 tahun. Pada saat proses penyapihan pun tidak ada kendala yang berarti.
 
Seorang ibu yang ingin memberikan ASI pada bayinya tidak bisa bekerja sendiri, tapi membutuhkan support system dari orang terdekat yaitu suami. Syukur-syukur ada orangtua atau kakek neneknya juga yang ikut memberikan support. 

Terkadang dari luar keluarga inti yang menyuruh memberikan susu formula, apalagi ketika dilihat bayinya kecil. Padahal kecil di sini bukan ukuran si bayi kurang nutrisi loh.

Support System Yag Harus Diberikan Pada Seorang Ibu Menyusui

Apa saja yang bisa dilakukan support system terdekat untuk mendukung ASI? Berikut ini beberapa hal yang saya bagikan berdasarkan pengalaman:

Ikut Berperan Dalam MengASIhi

Seorang suami atau ayah menjadi kunci penting dalam pemberian ASI pada anaknya, meskipun yang menyusui ada ibunya. Support yang bisa diberikan antara lain memperhatikan kondisi si ibu, jika kelelahan bantulah dengan ikhlas. 

Salah satu support suami yang paling besar adalah ketika bayi harus diopname karena bilirubinnya tinggi. Demi memberikan ASI, beliau rela tengah malam mengirimkan ASI ke rumah sakit agar bayi tetap bisa konsumsi ASI. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan