Mohon tunggu...
Lidya Fitrian
Lidya Fitrian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Blogger | Content Writer www.fitrian.net

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech Pilihan

Manfaat Internet untuk Siswa Belajar Lebih Mandiri

3 Juli 2022   13:58 Diperbarui: 3 Juli 2022   14:03 155 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image made by canva

Manfaat Internet untuk aktivitas sehari-hari sudah mulai terasa di era teknologi seperti saat ini. Di tambah lagi sudah dua tahun ini kita menjalani hidup di masa pandemi yang mau tidak mau sangat dekat dengan dunia internet baik untuk para pekerja maupun pelajar. 

Apa jadinya kalau Indonesia belum memiliki jaringan internet yang mumpuni? Tentunya masyarakat pun akan memiliki ruang gerak yang terbatas terlebih lagi murid sekolah pun tidak bisa mendapatkan haknya akan pengajaran.

Mencari Sumber Pengetahuan Lebih Mudah

Jika dahulu kita hanya bisa mengakses internet pada satu tempat saja, misalnya pada sebuah komputer di rumah, kantor atau perpustakaan. Namun, kini siapapun bisa mengaksesnya dari manapun lewat bantuan smartphone maupun Tablet.

Di dunia pendidikan pun hadirnya internet ini sangat terasa manfaatnya. Murid-murid bisa mendapatkan berbagai referensi materi pelajaran yang dibutuhkan dengan cepat. Berbagai e-book juga tersedia melalui internet baik yang berbayar maupun gratis.

Bekerjasama Lebih Cepat


Melalui forum-forum pembelajaran, saat ini siswa juga bisa dengan mudah bekerjasama dengan siswa lain yang berada di luar kota maupun luar negeri untuk saling bertukar pikiran maupun ilmu.

Karena koneksi internet, hal yang dulu dirasa tidak mungkin, saat ini bisa terwujud. Salah satu contoh adalah belajar pada siswa lain yang berada di kampus lain seperti Harvard, Cambridge dan lainnya. Dari mereka ini siswa lain bisa lebih termotivasi untuk urusan belajar.

Saling Berbagi Ilmu


Lewat internet, siswa tidak hanya mengambil manfaat atau keuntungan saja dari sebuah situs maupun teman lain yang jaraknya jauh. Tapi siswa pun bisa sama-sama berbagi dengan membuat materi ajar atau video yang bermanfaat bagi siswa lainnya.

Tidak ada salahnya jika kita ikut berbagi ilmu, sesuai yang tertera dalam salah satu hadist Al Bukhari yang berisi "Barangsiapa menyampaikan satu ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka waaupun yang menyampaikan sudah tiada, ia akan tetap memperoleh pahala". Intinya jangan pelit terhadap ilmu yang kita miliki.

Kehadiran Internetnya Indonesia dari Telkom Indonesia banyak membantu masyarakat apalagi dengan jangkauan yang luas dan kualitas kecepatannya yang terus ditingkatkan untuk menjamin mutu internet. Dari internet tersebut para siswa pun bisa belajar lebih mandiri dan mencari lebih dahulu materi ajar yang akan diberikan di sekolah maupun kampus. Tetapi untuk catatan, bukan berarti peran guru tidak penting, justru guru akan lebih mudah dan bisa lebih berinovasi dalam pengajaran agar siswa tidak bosan dan bisa memahami pelajaran.

Untuk mencukupi kebutuhan internet masyarakat Indonesia, IndiHome hadir di tengah masyarakat untuk bisa mengambil manfaat tak terbatas dari Internetnya Indonesia. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan yang baik dan memajukan bangsa demi tercapainya Generasi Indonesia Emas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan