Mohon tunggu...
Lidiya PermataSembiring
Lidiya PermataSembiring Mohon Tunggu... -

A Communication Student who likes new things and are excited about going through new challenges in life

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengingat Kembali Kisah Perjalanan Suci Rasulullah Dibalik Peristiwa Isra Mi'raj

11 Maret 2021   12:11 Diperbarui: 11 Maret 2021   19:06 89 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengingat Kembali Kisah Perjalanan Suci Rasulullah Dibalik Peristiwa Isra Mi'raj
unsplash.com/KaterinaKerdi

Isra Mi'raj merupakan perjalanan satu malam Nabi Muhammad menuju langit ketujuh, untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT. Peristiwa tersebut diperingati setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijriyah.

Isra berarti perjalanan agung Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram (Mekkah) ke Masjidil Aqsha (Yerusalem),  ditemani oleh Malaikat Jibril dengan mengendarai hewan Buroq. Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad memimpin para Nabi lainnya untuk beribadah.

Mi'raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW menuju Sidratul Muntaha, tempat atau maqam paling tinggi di langit. Selama menuju langit ketujuh,   Rasulullah SAW sempat bertemu dengan beberapa Nabi. Di langit pertama Rasulullah SAW bertemu dengan Nabi Adam, kemudian di langit kedua Nabi Isa, di langit ketiga Nabi Yusuf, di langit keempat Nabi Idris, di langit kelima Nabi Harun, dan di langit keenam Nabi Musa. 

Peristiwa penting Isra Mi'raj juga dijelaskan dalam Al-Quran surat Al Isra (1): 

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha melihat."

Peristiwa Isra Mi'raj tahun ini jatuh pada tanggal 11 Maret 2021. Penyambutan Isra Mi'raj juga menjadi kegiatan rutin tahunan, di salah satu Yayasan Peduli Yatim dan Dhuafa yang berlokasi di Kota Bekasi, yakni Yamesta Indonesia.

Penyambutan Isra Mi'raj akan diselenggarakan pada tanggal 28 Maret 2021, di Aula Yamesta Indonesia. Penyerahan santunan kepada sahabat Yamesta menjadi salah satu kegiatan, sekaligus simbolis dalam acara tersebut. 

"Isra' Mi'raj merupakan salah satu media untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai motivasi untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah kepada Allah SWT." ujar pihak Yamesta Indonesia.

Demikian kisah perjalanan suci Rasulullah, diharapkan dapat mengingatkan kembali seluruh umat Islam, akan peristiwa penting Isra Mi'raj.  Semoga kita selalu mendapat syafaat Rasulullah dengan meneladani akhlak mulia-Nya.

---

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN