Mohon tunggu...
Lidya CahyaningPutri
Lidya CahyaningPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Jadilah versi terbaik diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Identitas Nasional

28 September 2021   08:38 Diperbarui: 29 September 2021   20:34 139 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Identitas Nasional
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa sih identitas nasional itu?

Identitas merupakan ciri-ciri sifat-sifat khas yang tertanam dalam suatu hal sehingga memperlihatkan suatu keunikan juga membedakannya dengan hal-hal lain. Sedangkan nasional berasal dari kata nation yang mempunyai makna bangsa, menggambarkan suatu kesatuan komunitas sosiokultural tertentu yang memiliki semangat, cita-cita tujuan juga ideologi bersama. Identitas nasional bermula dari identitas manusia dan berakhir pada integrasi nasional. Identitas nasional merupakan sebentuk kesatuan yang tergabung dari wilayah dan akan selalu mempunyai wilayah, kesamaan dalam hal sejarah, dalam sistem hukum atau perundang undangan. 

Hak serta kewajiban dan pembagian pekerjaan berdasarkan profesi. Dasar negara merupakan identitas nasional di mana dasar negara negara Indonesia adalah Pancasila yang terbentuk karena adanya sejarah panjang yang dilalui. Di dalam Pancasila terdapat nilai yang mencerminkan kehidupan sehari-hari sebagai pandangan atau pedoman hidup. Menurut Notonagoro (1988), bangsa Indonesia adalah sebagai kausa matrealis Pancasila. 

Para pendiri negara mengangkat dan merumuskan secara formal nilai tersebut untuk dijadikan dasar negara Republik Indonesia. Adapun fungsi dari identitas nasional adalah untuk mempersatukan antara warga masyarakat.Indonesia memiliki pancasila sebagai dasar falsafah negara, memiliki lagu kebangsaan Indonesia yakni Indonesia raya, memiliki dasar hukum yakni UUD 1945, memiliki bendera yakni bendera berwarna merah putih yang memiliki arti merah berani dan putih suci.

 Wilayah dan kondisi geografis Indonesia.Pada awal kemerdekaan Indonesia menetapkan bahwa Wilayah Indonesia mencakup segenap wilayah jajahan pada masa kolonial Belanda. Pada sistem politik di Indonesia semua keputusan dilakukan dengan cara musyawarah sehingga menghasilkan keputusan secara mufakat dan diterima oleh semua kalangan masyarakat. Dalam ekonomi bangsa Indonesia telah diatur di dalam UUD 1945 dengan penjelasan ekonomi yang bersifat kerakyatan. 

Kekayaan alam juga semua hal yang melingkupi tujuan hidup khalayak ramai diatur oleh negara dengan tujuan demi menyejahterakan rakyat Indonesia, jadi masyarakat Indonesia mempunyai asas perekonomian untuk kekayaan alam dan melingkupi hidup khalayak ramai di atur oleh negara, sementara itu pada aspek lainnya dijalankan perorangan atau swasta. Sedangkan dalam bidang pertahanan keamanan bangsa Indonesia memiliki ciri khas yakni pertahanan yang berada di Indonesia adalah pertahanan rakyat semesta atau biasa dikenal dengan sebutan Hankamrata. 

Dalam pertahanan di Indonesia bersifat menyeluruh untuk rakyat Indonesia. Jika ada salah satu wilayah Indonesia terserang oleh musuh, maka seluruh rakyat di Indonesia yang akan bertugas mengamankan serta mempertahankan negaranya. Dalam Demografi rakyat Indonesia di bagi menjadi dalam dua kelompok, pada bagian barat banyak suku melayu dan di bagian timur ada suku Papua, yang memiliki akar di kepulauan Melanesia. 

Tidak sedikit penduduk Indonesia yang mengungkapkan sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih spesifik, yang terbagi menurut asal daerah juga bahasa, misalkan suku Batak,Jawa,Bali , bangsa indonesia kaya akan suku, budaya adat istiadat. Ideologi dan Agama, di Indonesia terdapat 6 agama yang diakui yakni Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha , dan Konghucu. 

Dan agama islam paling banyak di anut oleh masyarakat, dikarenakan Indonesia merupakan negara yang kaya akan agama, negara Indonesia bisa dikatakan negara yang rawan akan disintegrasi atau perpecahan negara. Pada era ini terdapat banyak kasus antara umat beragama satu dengan lainnya. 

Menurut Franz Magnis Suseno (1995) Salah satu jalan yang dapat mengurangi risiko antara umat beragama, perlunya diciptakan tradisi saling menghormati antara agama-agama yang ada. Sikap saling menghormati perlu ditanamkan pada diri sejak dini. Karena untuk dihargai orang lain kita harus menghargainya terlebih dahulu. Adapun kasus yang menunjukkan sikap antar umat beragama yakni isu terorisme yang terjadi pada awal tahun 2021, Di mana ada pasangan suami istri yang melakukan bunuh diri dengan bom di depan Gereja Katedral di Makassar. Yang pada saat itu di isu kan sebagai terorisme yang ingin mati syahid.

  Kebudayaan merupakan suatu pusat ciri-ciri identitas nasional seperti dengan suku bangsa yang banyak kebudayaan di Indonesia juga tergolong banyak. Terdapat beratus ratus kebudayaan yang dapat membentuk identitas nasional di negara Indonesia sebagai negara yang diciptakan dan dikenal dengan keragaman budaya bahasa dan agama. Unsur pendukung dari Identitas sosial lainnya adalah bahasa, di mana indonesia memiliki keberagaman suku yang memiliki bahasa berbeda. Bahasa digunakan sebagai penghubung atau sarana untuk ber interaksi antar manusia satu dan lainnya.Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional untuk memudahkan interaksi antara suku satu dan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan