Mohon tunggu...
Lidatul Wakidah
Lidatul Wakidah Mohon Tunggu... Guru - Lakukan sekarang atau tidak sama sekali

hidup adalah pilihan jalani, nikmati dan syukuri berdoa dan ikhtiar adalah pendukung dalam hidup

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

5 Desember 2022   21:57 Diperbarui: 5 Desember 2022   23:16 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN -- Modul 1.3

VISI GURU PENGGERAK

LIDATUL WAKIDAH, S.Pd

Selamat berakhir pekan, bertemu Kembali dengan saya Lidatul Wakidah, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SDN 1 Tegalrejo Kec Bayat Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak.

Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini dengan model refleksi 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

1. PERISTIWA/FACT

  • Dua minggu telah usai, saya telah mempelajari Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak yang dimulai tanggal 22 November 2022. Berawal dari kegiatan "Mulai dari diri", Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan diakhiri dengan Aksi Nyata.
  • Pada modul ini Calon Guru Penggerak (CGP) diarahkan untuk dapat merumuskan sebuah visi sebagai Guru Penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan menentukan Prakarsa Perubahan. Melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif dan tahapan kanvas BAGJA. Dimana dalam BAGJA terdapat urutan yaitu B-uat pertanyaan, A-mbil pelajaran, G-ali mimpi, J-abarkan rencana dan A-tur eksekusi.

2. PERASAAN/FEELING

Perasaan saya saat mempelajari modul 1.3 ini awalnya khawatir, mampu atau tidak? Bisa atau tidak?. Yaa, khawatir tentang Inquiry Apresiatif (IA) dan tahapan BAGJA. Karena itu hal baru dan terasa asing bagi saya. Ditambah lagi dengan kurangnya waktu untuk mempelajari materi karen harus berbagi dengan ssi kecil (baby) yang memnag tidak dpat ditebak moodnya. Namun setelah didampingi oleh fasilitator, dan dijelaskan serta diberi contoh, saya mulai paham dan Alhamdulillah dapat membuat tahapan BAGJA dengan baik  yang sebelumnya didahului dengan pemuatan Visi dan Prakarsa perubahan.

3. PEMBELAJARAN/FINDING

  • Dalam Modul 1.3 ini, saya menemukan keterkaitan antara modul sebelumnya (1.1. dan 1.2). Bahwa dengan IA kita dapat menggali nilai-nilai positif yang ada di sekolah kemudian kita kembangkan. Terutama visi. Yang mana dulu saya berfikir setelah ada visi di sekolah, kita tidak memerlukan visi lagi. Ternyata setelah adanya kurikulum merdeka,seorang guru penggerak juga dapat menentukan visi untuk dirinya sendiri . itu adalah hal yang menakjubkan bagi penulis

4. PENARAPAN KE DEPAN (FUTURE)

  • Penerapan ke depannya yang akan saya lakukan yaitu berupaya mewujudkan visi yang telah dibuat menggunakan kanvas BAGJA melalui pembiasaan religius. Dengan berkolaborasi dengan rekan guru dan murid-murid ataupun warga yang ada disekolah.

Salam dan Bahagia.

Guru bergerak, Indonesia Maju

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun