Mohon tunggu...
Lia
Lia Mohon Tunggu... Lainnya - Passionate on content marketing and journalism

Literatus penyuka aroma hujan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

5 Strategi Menulis Artikel Pendek

7 Agustus 2022   16:35 Diperbarui: 7 Agustus 2022   16:43 181 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apakah Menulis Itu Sulit?

Meski sejak kecil sudah diajarkan untuk menulis, tapi bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi yang baru terjun dalam dunia kepenulisan. Ada banyak hal yang dipikirkan, tapi sulit menuangkannya ke dalam tulisan. Sebenarnya, dalam menulis kita hanya perlu "memulai". Itu adalah intinya. 

Banyak yang terpikirkan dan sudah mengumpulkan niat tapi berujung "menunda dan tidak terjadi". Menunggu momen atau mood dalam kondisi bagus juga tidak tepat. Jika ada yang ingin ditulis, ya tulis saja. Masalah bagus atau tidaknya, itu urusan belakangan. Tulisan itu bisa direvisi nanti, tapi ide dan pemikiran-pemikiran bisa menguap kapan saja. Kita bisa memulainya dengan menulis diary atau artikel pendek. 

Menulis, Pekerjaan Masa Kini dan Nanti

Di era digital ini, menulis artikel tengah menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan untuk meningkatkan traffic pada media perusahaan seperti website. Menulis artikel dikenal sebagai cara organik untuk engangement audiens secara gratis dalam jangka panjang. Meski teknologi terus berkembang, profesi sebagai penulis ini tidak akan lekang oleh waktu. 

Mengapa demikian? Meski ada robot penulis sekalipun, tidak akan ada yang bisa menggantikan sudut padang, ide, gagasan, dan segala pemikiran setiap orang. Setiap penulis memiliki karakteristik masing-masing. Itulah kelebihannya, sebab robot penulis tidak akan bisa menulis secara natural karena robot tidak memiliki perasaan. Menulis bukan sekadar menuangkan gagasan, tapi ada emosi yang tercipta untuk menggugah para pembaca. Maka, profesi ini akan tetap dibutuhkan di masa depan. Untuk itu, tidak mengherankan jika banyak orang mencoba menekuni bidang kepenulisan seperti menjadi content writer.

Bagaimana memulai karir sebagai content writer? Latihan menulis adalah kuncinya. Agar lebih mudah, bisa dicoba dengan belajar menulis artikel pendek. Menurut Roy Peter Clark, penulis dan editor terkenal asal Amerika, mengungkapkan bahwa tulisan yang pendek tidak lebih dari 300 kata. Bisa dikatakan itu jumlah yang sedikit dan biasanya jadi artikel SEO yang sekali baca dalam satu halaman. 

5 Tips Menulis Artikel Pendek

Tertarik mencobanya? Berikut 5 tips menulis artikel pendek yang bisa dicoba. 

1. Jangan berhenti menulis, meski sudah mencapai 300 kata

Saat mencoba menulis artikel pendek terutama artikel SEO, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti jumlah kata pada artikel. Jika artikel yang ditulis sudah mencapai >300 kata, sebaiknya jangan berhenti menulis. Tetap lanjutkan dulu dan tulis setelah dirasa semuanya sudah dituangkan ke dalam tulisan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan