Mohon tunggu...
Lia M. Rahmalia
Lia M. Rahmalia Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Seorang guru TK yang senang membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sabtu Ceria

27 November 2022   10:08 Diperbarui: 27 November 2022   10:10 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap hari Sabtu, hampir di semua Taman Kanak-Kanak biasanya diisi dengan kegiatan Sabtu Ceria. Kegiatan ini mempunyai maksud agar anak-anak mendapatkan suasana baru lagi dalam kegiatan pembelajaran, juga agar anak tetap ceria.

Kegiatannya bisa bermacam-macam, kadang-kadang anak diajak berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekolah atau kegiatan tadabur alam atau diisi dengan kegiatan permainan.

Di hari Sabtu kemarin yaitu tanggal 26 November, di TKN Pembina Ciawigebang, kegiatan Sabtu Ceria diisi dengan permainan ketangkasan dan permainan pemusatan perhatian.

Kegiatan awal diisi dengan do'a pembuka dan mengulang surat-surat pendek serta hadist pendek. Dilanjutkan dengan nyanyian penggugah semangat dan pemanasan.

Kemudian anak diajak untuk mengikuti permainan memusatkan konsentrasi. Mendengar hal tersebut, anak-anak terlihat senang dan antusias sekali.

Aturan main dan cara dari permainan ini adalah anak berpasangan berhadap-hadapan, dan di tengah mereka diletakkan sebuah benda, bisa balok, bola atau benda lainnya. Setelah anak konsentrasi, guru mulai menyebutkan kata-kata di tubuh anak untuk dipegangnya, bila guru menyebutkan benda yang ada di hadapannya, maka anak harus mengambilnya dengan cepat. Siapa yang paling cepat mendapatkan benda tersebut, itulah pemenangnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan penuh gelak tawa dan keceriaan khas anak-anak. Sampai anak meminta permainan diulang beberapa kali.

Setelah selesai permainan, anak diajak untuk mengikuti permainan yang ke dua, yaitu, lomba kecepatan lari mengambil balok-balok untuk di simpan pada tempat yang telah ditentukan.

Pada permainan ini, satu kali permainan dilakukan empat orang, begitu seterusnya sampai semua anak mendapatkan giliran.

Dalam permainan ini pun, anak-anak mengikutinya dengan antusias dan penuh semangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun