Mohon tunggu...
Lian Yesika Hutasoit
Lian Yesika Hutasoit Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas HKBP Nomensen Medan

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemanfaatan Gadget Dalam Aktivitas Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar

19 Juni 2021   21:32 Diperbarui: 19 Juni 2021   21:50 49 0 0 Mohon Tunggu...

Gadget dapat di artikan sebuah perangkat atau instrumen elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis terutama untuk membantu pekerjaan manusia. Media elektronik terutama pada handphone atau gadget saat sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Penggunaannya sudah sangat luas, dan hampir setiap orang dewasa memilikinya. Bahkan, ada kecenderungan tingkat umur pemakainya semakin turun. Anak-anak usia SMP atau SD saat sekarang sudah lazim memilikinya, walaupun masih banyak juga sekolah yang tidak mengizinkan siswa membawanya ke sekolah. Tapi masih ada sekolahan yang murid-murid nya membawa handphone atau gadget yang dapat bisa menganggu pelajaran di kelas dan hasil belajarnya atau sekolah dapat berakibat kurang bagus bagi peraturan sekolah.
Manfaat Penggunaan Gadget dalam Proses Belajar Mengajar
Memperlancar Komunikasi
Memperlancar komunikasi dengan seseorang yang tidak berada di dekatnya sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyampaikan pesan.
Mengakses Informasi
Informasi tersebut bisa mempermudah penggunanya untuk melakukan suatu aktivitas.
Wawasan Bertambah
Wawasan yang bertambah merupakan manfaat gadget dari gabungan komunikasi lancar dan mudahnya informasi yang didapat. Kita tahu bahwa dengan komunikasi dan informasi merupakan salah satu unsur yang mengusung wawasan anda dapat bertambah.
Hiburan
Bukan rahasia lagi bahwa gadget juga bermanfaat untuk menghilangkan kepenatan Anda melalui hiburan yang ditawarkan.Hiburan tersebut dapat berupa musik, permainan, video dan perangkat lunak multimedia yang lainnya.
Pemanfaatan Media Pembelajaran (Gadget) di Sekolah
Secara umum, media pembelajaran mempunyai kegunaan untuk mengatasi berbagai hambatan, antara lain: hambatan komunikasi, keterbatasan ruang kelas, sikap siswa yang pasif, pengamatan siswa yang kurang seragam, sifat objek belajar yang kurang khusus sehingga tidak memungkinkan dipelajari tanpa media, tempat belajar yang terpencil dan sebagainya.
Pemanfaatan media pembelajaran berupa gadget di lingkungan sekolah dasar dirasa sangat perlu mengingat beberapa pertimbangan baik positif maupun negatif. Pada dampak positif penggunan gadget dalam pembelajaran adalah akan memudahkan siswa memperoleh informasi dengan cepat dan simpel. Gadget juga dianggap sebagai "teman" saat ini bagi masyarakat khususnya anak-anak di lingkungan sekolah dasar, sehingga jika gadget dilibatkan dalam pembelajaran, maka diharapkan akan memotivasi siswa dalam memperoleh bahan ajar dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya dampak positif yang ditimbulkan dalam gadget, dampak negatif dari penggunaan media gadget juga perlu diperhatikan.
Penggunaan waktu yang berlebihan dalam penggunaan gadget, dapat membuat siswa enggan belajar dengan buku dan tidak jarang disalah gunakan penggunaannya. Misalnya, gadget yang harusnya digunakan untuk pembelajaran, malah cenderung digunakan untuk bermain game. Dengan demikian, dampak ini perlu diperhatikan dan diperkenalkan oleh semua pihak kepada siswa, sehingga siswa dapat mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget dalam pembelajaran.
Dengan demikian, Pemanfaatan media pembelajaran dalam bentuk gadget kepada siswa dengan harapan mampu memberikan motivasi belajar bagi siswa. Penggunaan gadget dalam pembelajaran sebagai penerapan dari penggunaan salah satu media pembelajaran diharapkan proses belajar mengajar menjadi lebih aktif, efektif, menyenangkan sebagaimana prinsip dalam pembelajaran bahwa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dan dengan Pemanfaatan media pembelajaran (gadget), diharapkan baik guru maupun siswa dalam mengetahui penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi di tengah tuntutan zaman yang semakin canggih, sehingga tidak mengalami gagap teknologi.
Semoga materi yang ada di artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca dan mampu menjadi media penambah pengetahuan yang baik, sekaligus menjembatani pola pemikiran baru yang akan lahir dari adanya materi-materi yang ada di dalam artikel ini.

VIDEO PILIHAN