Mohon tunggu...
Lia Nur Farida
Lia Nur Farida Mohon Tunggu... Mahasiswa Uniersitas Mercu Buana

Salah satu mahasiswa tingkat akhir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

TB 1 Prof. Dr. Apollo : Penggabungan Usaha (Kombinasi Bisnis)

9 April 2021   12:22 Diperbarui: 9 April 2021   12:48 38 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
TB 1 Prof. Dr. Apollo : Penggabungan Usaha (Kombinasi Bisnis)
aklan-2-a-606fe0168ede4879cc7aec63.png

PENGGABUNGAN USAHA (KOMBINASI BISNIS)

Tujuan didirikannya suatu entitas atau perusahaan yaitu mendapatkan keuntungan, going concern, mengembangkan usahanya, serta unggul atau bertahan pada persiangan usaha. Semakin berkembangnya dunia usaha, semakin ketat pula persaingan usaha. Membuat perusahaan merasa dituntut untuk terus meningkatkan keunggulan usahanya. Salah satunya dengan ekspansi yaitu penggabungan usaha. Ekspansi merupakan salah satu tujuan entitas bisnis. Bisnis dapat memilih untuk mengembangkan fasilitas yang telah dimilikinya atau mengakuisisi entitas lain.

Sebelum kita pelajari lebih jauh mengenai kombinasi bisnis, apa sih maksud dari paduan kata "Kombinasi" dan "Bisnis" itu ?

Menurut KBBI, Kombinasi artinya gabungan dari beberapa hal. Sedangkan Bisnis adalah kegiatan untuk menyediakan barang dan/atau jasa dengan maksud untuk memperoleh laba. Jika digabungkan dari padanan kata tersebut, kombinasi bisnis berarti gabungan dari beberapa entitas untuk melakukan kegiatan ekonomi dengan maksud memperoleh laba. Secara mudahnya, arti dari kombinasi bisnis adalah penggabungan atau pengakuisisi usaha dengan memperoleh pengendalian lebih atas entitas lain. Maksud dari pengendalian lebih atas entitas lain seperti perusahaan lain menjadi anak perusahaan, mentransfer asset bersih ke perusahaan lain atau perusahaan yang baru dibentuk.

Suatu penggabungan usaha dapat terjadi apabila suatu perusahaan bergabung dengan perusahaan lain dengan membentuk suatu entitas. Menggabungkan entitas bisnis yang awalnya terpisah merupakan salah satu cara untuk mengembangkan usahanya. Selain untuk profitabilitas, manfaat lain yang didapat dari penggabungan usaha yaitu efisiensi operasi melalui intergritas operasi maupun diversifikasi risiko melalui konglemerasi.

Tujuan Kombinasi Bisnis

Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 22, tujuan penggabungan usaha (kombinasi bisnis) yaitu meningkatkan kecocokan atau keterkaitan, keandalan, daya banding informasi mengenai kombinasi bisnis yang akan berdampak pada :

  • Mengukur aset teridentifikasi, liabilitas yang diambil alih dan kepentingan non pengendali.
  • Mengakui dan mengukur goodwill atau keuntungan dari pembelian diskon.
  • Menentukan jenis indformasi yang diungkapkan.

Disebutkan sebelumnya bahwa ekspansi merupakan salah satu tujuan entitas bisnis, yaitu dengan mengembangkan fasilitas yang dimilikinya atau mengakuisisi entitas lain. Tetapi kebanyakan perusahaan akan memilih untuk melakukan penggabungan usaha.

Apa sih alasan alasan yang memungkinkan entitas melakukan penggabungan usaha ? Berikut alasan-alasannya.

  • Keuntungan Biaya

 Biasanya akan lebih murah untuk perusahaan mengembangkan usahanya dengan penggabungan usaha daripada mengembangkan fasilitas yang dimilikinya, terutama pada saat terjadi inflasi.

  • Resiko Rendah

Penggabungan usaha atau mengakuisisi produk dan pasar yang sudah mapan memiliki resiko rendah daripada mengembangkan produk dan pasar yang baru berjalan.

  • Lebih Sedikit Penundaan Operasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN