Mohon tunggu...
Liana
Liana Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu dari Maryam

Ibu dari 1 bayi mungil berusia 2 tahun, hobi berenang dan nonton bioskop, makanan kesukaan : tongseng kambing, sop sumsum, ketoprak.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

3 Cara Jitu Mengenalkan Kesehatan Mental Pada Anak

11 Oktober 2022   21:59 Diperbarui: 24 Oktober 2022   15:42 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Ketut Subiyanto: https://www.pexels.com/

Tak dapat dipungkiri, kesehatan mental merupakan bagian dari kehidupan normal makhluk hidup. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun memiliki tingkat kesehatan mental masing-masing. 

Lalu bagaimana kita mengenalkan kesehatan mental kepada anak kita? Apakah perlu anak usia dini mengenal kesehatan mental? Yuk mari kita baca bersama 3 cara jitu mengenalkan kesehatan mental kepada anak. 

1. Jelaskan Arti Kesehatan Mental: Perasaan dan Emosi

Dilansir dari Twinkl, kesehatan mental adalah semua tentang perasaan, pikiran yang kita miliki, bagaimana ini memengaruhi pilihan yang kita buat dan bagaimana kita berperilaku. 

Hal ini juga termasuk bagaimana kita mampu mengatasi apa yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Perasaan dan emosi adalah kunci dari pengertian kesehatan mental. 

Kenalkan dan ajarkan tentang macam-macam perasaan dan emosi dalam kehidupan sehari-hari seperti: senang, sedih, marah, kecewa, cemas, tenang dan kesepian. Selalu ajak anak untuk terbuka dan memahami perasaan yang sedang mereka rasakan. 

2. Dampingi mereka disetiap masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari mereka.

Dengan memahami bagaimana mendukung kesehatan dan kesejahteraan mental mereka, anak-anak akan merasa terlindungi dan terkendali tentang semua perasaan mereka. Sehingga mereka tidak takut untuk menyatakan perasaan dan emosi yang sedang mereka alami. 

Selalu dampingi dan dukung mereka dalam menghadapi perasaan yang mereka rasakan. Ajukan pertanyaan terbuka sehingga memancing mereka untuk menceritakan tentang apa yang terjadi, bagaimana perasaan mereka tentang masalah tersebut dan beri mereka beberapa pilihan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

3. Dukung Kesehatan Mental Diri Sendiri dan Anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun