Mohon tunggu...
Liana Ningsih
Liana Ningsih Mohon Tunggu... Lina

Bahasa Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bahasa Pemersatu Kita adalah Bahasa Indonesia

26 November 2020   09:24 Diperbarui: 26 November 2020   09:26 59 2 0 Mohon Tunggu...

Nama : Liana Ningsih 

NIM : 2130020037

KELAS : A IKM

Dalam ikrar sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 yang berbunyi " kami, putra putri Indonesia menjunjung  bahasa persatuan , bahasa Indonesia"  dalam ikrar tersebut merupakan pengakuan bahwa Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional,bahasa persatuan  atau bahasa pemersatu di bangsa Indonesia ini. 

Dasar Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu tinggi atau bisa di sebut bahasa melaka/riau. Negara Indonesia  merupakan Negara kepulauan yang artinya bangsa Indonesia terdiri dari beberapa pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke ,  tidak hanya itu di Indonesia mempunyai banyak ras, suku,  bahasa dan budaya. 

Dengan banyaknya pulau,suku,budaya,dan  bahasa terkadang dengan adanya perbedaan tersebut sering terjadi masalah tetapi dengan adanya bahasa indonesia kita dapat bersatu seperti arti dari semboyan "Bhineka tunggal ika" .  walaupun kita beda bahasa maka dengan menggunakan bahasa Indonesia kita akan dapat mengerti apa yang dibicarakan oleh orang lain. 

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang di anugerahkan tuhan. mengapa di sebut anugerah? karena dengan adanya bahasa Indonesia kita dapat besatu dalam perbedaan yang ada.  Bahasa Indonesia di gunakan sekitar 90% oleh warga indonesia sendiri. kebanyakan bahasa Indonesia ini di gunakan pada saat acara formal. 

Bahasa indonesia juga di gunakan ketika kita sering bertemu dengan orang yang mempunyai bahasa berbeda seperti contohnya kita berada di suatu acara bertemu dengan orang papua dan kita sendiri orang jawa maka kita akan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia agar apa yang di bicarakan oleh kita dan orang terebut bisa di mengerti. 

Bahasa Indonesia adalah bahasa kebanggaan kita maka dari itu kita harus melestarikan bahasa indonesia agar bahasa Indonesia  tetap menjadi bahasa persatuan bagi bangsa Indonesia dan juga kita sebagai generasi muda bangsa indonesia berusaha dan berpikir kedepannya agar Bahasa Indonesia bukan hanya menjadi bahasa Persatuan bagi Bangsa Indonesia namun, menjadi bahasa Internasional. 

Dan tidak lupa juga selain mempertahankan dan melestarikan bahasa Indonesia janganlah melupakan bahasa dari daerah kita sendiri. karena dengan mempertahankan bahasa daerah sendiri merupakan ungkapan rasa cinta tanah air.  

sekian terima kasih, semoga dapat bermanfaat:)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x