Mohon tunggu...
Lia Malihah
Lia Malihah Mohon Tunggu... Writer

writer

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Cara Merawat AC Agar Awet

15 Februari 2020   14:35 Diperbarui: 15 Februari 2020   14:37 3 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagai Negara tropis, Indonesia memiliki cuaca panas yang cukup menyengat. Penggunaan Air Contioner (AC) menjadi pendingin ruangan yang wajib di kalangan masyarakat urban kelas menengah ke atas. Tidak hanya digunakan di perkantoran, ruang public seperti rumah sakit, namun juga di rumah pribadi mereka. Sebab kondisi itu peluang jasa service AC menjadi kesempatan bisnis bagi para pengusaha.

Meskipun telah banyak perusahaan jasa service AC, tidak menjadi jaminan jika Anda hanya bergantung pada mereka. Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar AC pribadi menjadi awet. Hal-hal mudah yang bisa dilakukan sendiri sebaiknya dimaksimalkan. Pada umumnya, AC akan menurun kinerjanya setelah digunakan dalam rentang 2-4 tahun. Namun Anda bisa memperpanjang masa produktifnya dengan melakukan tips dari Halo Jasa.

Manfaatkan Fitur Timer

Fitur timer yang tersedia pada AC harus difungsikan untuk merawatnya. Setiap kali Anda menyalakan AC, aktifkan timer agar penggunaannya tidak berlebihan. Secara otomatis AC Anda akan mati dengan sendirinya setelah waktu yang ditentukan. Selain membuat awet, kebiasaan ini juga akan menghemat penggunaan listrik. Wajibkan kepada semua anggota keluarga untuk menerapkannya.

Waktu idealnya dalam menyalakan AC adalah maksimal 5 jam setiap pemakaian. Jika melebihi dari itu maka kemungkinan besar ia akan melemah kinerjanya. Terlebih jika sudah digunakan lebih dari 1 tahun. Menggunakannya berlebihan pun tidak baik bagi kesehatan.

Tutup Ruangan yang Terpasang AC

Point ini yang terkadang diabaikan oleh para pemilik AC. Ruangan yang menggunakan pendingin ruangan diusahakan untuk selalu tertutup rapat saat dinyalakan. Jika dibiarkan terbuka lebar maka AC membutuhkan porsi yang lebih besar untuk menghasilkan dingin. Kompresornya akan mudah panas dan membuatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pemakaian listrik pun menjadi boros sehingga menyebabkan pengeluaran bulanan membengkak.

Perhatikan Suhu

Suhu yang digunakan normalnya adalah 22 derajat celcius. Jangan terlalu sering menyetel AC di bawah  suhu tersebut. Jika tetap Anda lakukan maka mesin AC akan cepat panas kemudian rusak. Menerapkan suhu 22 derajat juga bertujuan agar tidak mengganggu kondisi tubuh Anda beserta keluarga.

Periksalah selalu secara bertahap pengatur suhu (thermostat). Pastikan AC milik Anda tetap bekerja dengan baik. Ketika sedang bepergiana dan tidak ada orang sama sekali di rumah, sebaiknya Anda mematikan AC. Janga dibiarkan menyala.

Bersihkan Debu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x