Mohon tunggu...
babarol
babarol Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Jurusan Fisika Angkatan 2019 Universitas Brawijaya

Memahami, Menelaah, dan Menulis setiap apa yang dapat dipelajari dari kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ini Dia Makanan Indonesia yang Ternyata dari Cina

17 Januari 2023   16:48 Diperbarui: 17 Januari 2023   17:03 877
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aneka Kuliner Khas Cina (Foto: kohinoor-joy.com)

Kamu pecinta makanan dari negeri Kung Fu Panda? Kwetiau, dim sum, fu yung hai, wong ton, dan masih banyak lagi. Tapi tau nggak sih, ada beberapa makanan Indonesia yang ternyata berasal dari Cina, loh... Ingin tau apa aja? Yuk, simak sampai habis!

1. Bakso

Bakso (Foto: sweetrip.id)
Bakso (Foto: sweetrip.id)

Kalau denger kata 'bakso', kayaknya Indonesia banget, ya. Pasalnya, penjual bakso menjamur di hampir seluruh pelosok negeri. Apalagi di Kota Malang, tidak sampai 100 meter saja sudah ada tukang bakso lagi, hehe. 

Bakso berbuat dari adonan bercampur daging giling yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan dan disajikan dengan kuah hangat nan nikmat. 

Selain itu, bakso biasanya juga disajikan dengan mi, tahu, dan pangsit rebus maupun goreng. Kalau di Malang, hidangan pendamping bakso lebih beragam lagi, ada yang dicampur dengan usus goreng crispy hingga telur puyuh rebus.

Sebenarnya, bakso itu merupakan kuliner yang berasal dari Cina. Istilah bakso berasal dari kata 'bak so' yang berarti daging giling. Pada mulanya, bakso terbuat dari daging babi. Namun di Indonesia, bakso diadaptasi dengan menggunakan berbagai bahan seperti sapi, ikan, dan ayam. Bahkan, ada juga bakso yang dicampur dengan jamur kuping hitam.

2. Bakmi

Bakmi (Foto: pergikuliner.com)
Bakmi (Foto: pergikuliner.com)

Kalau makanan yang satu ini mungkin tidak begitu heran ya kalau berasal dari Cina. Soalnya, namanya agak sedikit chinese gitu, yak. Bakmi merupakan makanan sejenis mi yang pada mulanya diperkenalkan oleh para pedagang Tiongkok di Indonesia. Bakmi sering juga disebut dengan 'yamie'. 

Seiring dengan perkembangannya, bakmi telah banyak diadaptasi dengan bumbu-bumbu khas Indonesia hingga ada yang disebut dengan 'bakmi jawa. Saat ini, bakmi telah banyak dijual di berbagai wilayah seperti halnya nasi goreng. Hampir semua penjual nasi goreng juga menjual bakmi.

3. Lumpia

Lumpia (Foto: kompas.com)
Lumpia (Foto: kompas.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun