Mohon tunggu...
Lia Baba
Lia Baba Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Jurusan Fisika Angkatan 2019 Universitas Brawijaya

Memahami, Menelaah, dan Menulis setiap apa yang dapat dipelajari dari kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kebaya, Trend Busana Masa Kini

5 September 2022   08:44 Diperbarui: 5 September 2022   08:54 140 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: paradase.id

Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional Indonesia yang memiliki berbagai makna dan nilai filosofis yang mendalam. 

Biasanya, kebaya banyak digunakan di berbagai acara seperti wisuda, pesta, pernikahan, dan berbagai acara keagamaan. Saat ini, desain kebaya sudah sangat bervariasi dan disesuaikan dengan perkembangan fashion saat ini. 

Meskipun demikian, desain kebaya yang ada saat ini tetap mempertahankan ciri khas dari kebaya itu sendiri. Kebaya kutubaru dan kebaya kartini dapat dianggap sebagai pakem dari berbagai model kebaya yang ada.

Sebagai pakaian tradisional Indonesia, kebaya menunjukkan makna filosofis mendalam bagi kaum wanita. Kebaya yang bawahannya berupa jarik memiliki desain yang ketat sehingga mengharuskan kaum wanita untuk tidak banyak bergerak atau bergerak dengan kelemahlembutan yang menunjukkan feminimitas. 

Tidak hanya dalam gerakan, kaum wanita hendaknya juga memiliki perilaku dan tutur kata yang halus. Kemudian, stagen berupa kain panjang yang dililitkan di perut menunjukkan kesabaran yang hendaknya dimiliki oleh wanita. 

Selain itu, bentuk kebaya yang menyesuaikan bentuk tubuh juga menunjukkan bahwa kaum wanita hendaknya dapat menyesuaikan diri dengan keadaan dan kondisi yang ada.

Pada awalnya, kebaya hanya digunakan oleh wanita dari kalangan kerajaan seperti para ratu, selir dan keluarga kerajaan. Namun, seiring dengan perkembangannya, kebaya mulai digunakan oleh wanita dari semua kalangan. Pernak-pernik yang ada pada kebaya biasanya juga menunjukkan identitas dari wanita yang mengenakannya. 

Selain itu, dalam perkembangannya kebaya juga tidak hanya digunakan oleh wanita Jawa. Akan tetapi, sudah menjadi ikon dari wanita di seluruh tanah air.

Kebaya juga memiliki berbagai jenis model yang umumnya bergantung pada masing-masing daerahnya. Beberapa jenis kebaya tersebut di antaranya kebaya kartini, kebaya jawa, kebaya encim, kebaya bali, dan kebaya kutu baru. 

Masing-masing dari kebaya tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Adapun yang dianggap sebagai pakem model kebaya dari seluruh model kebaya yang ada yaitu kebaya kartini dan kebaya kutubaru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan