Artikel
Belajar daring dimasa pandemi di kalangan masyarakat IndonesiaÂ
Oleh:
Qorina Fiqhatun NisaÂ
Fakultas Ushuluddin dan humanioraÂ
UIN Walisongo SemarangÂ
KKN MIT DR XIIÂ
Kelompok 41Â
Pandemi covid 19 memberikan dampak pada banyak pihak kondisi ini sudah pada dunia pendidikan, pemerintah pusat. Berbagai model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membantu siswa belajar dirumah.Kebijakan social distancing dapat dianggap penyebaran covid 19. Seiring dengan kebijakan pemerintah mendorong semua elemen pendidikan agar dapat secara daring meskipun secara fisik sekolah tutup sementara. Salah satu arahan pemerintah tentang kegiatan dirumah adalah kegiatan belajar. Pembelajaran hendaknya tidak berhenti meski pemerintah 14 hari libur untuk sekolah di awal pandemi. Â
Jika melihat interaksi antara siswa maupun guru dan berlangsung secara virtual. Interaksi dapat terjadi dengan menggunakan perangkat teknologi, laptop maupun telepon. Meskipun demikian, secara langsung dan tidak langsung tentu berdampak pada kegiatan belajar mengajar.Â
Pandemi covid 19 menjadikan seseorang harus menjauh dari kerumunan. Karena itu, hampir seluruh negara melakukan kegiatan virtual untuk menggantikan tatap muka. Namun datangnya secara tiba-tiba membawa problem baru yang tidak bisa diremehkan, hal-hal pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar di masa pandemi covid 19.Â
Penyebab covid 19 ditemukan tidak hanya berdampak pada kesehatan sekaligus faktor ekonomi global. Namun secara berdampak pada berbagai sektor lainya, terutama di bidang pendidikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah yang bersifat antisipatif karena banyak peristiwa penting dalam pendidikan nasional. Termasuk adanya ujian nasional serta masuk perguruan tinggi negeri. Whatsapp telah digunakan pembelajaran daring.Â
Penggunaan media tersebut sesuai dengan karakteristik daerah yang memungkinkan untuk melakukan pembelajaran daring baik tersedianya jaringan dan tersedia perangkat android yang dimiliki masing-masing. Penerapan pembelajaran dalam bijakan secara daring yang ditetapkan sebagai bentuk waspada sikap pencegahan penyebaran covid 19 yang menyebar di indonesia. Sebagai salah satu solusinya, kegiatan pembelajaran jarak jauh baik dalam bentuk ceramah daring dan dan ceramah model adring ini termasuk pemberian berbagai tugas untuk dikerjakan dirumah.Â
Tidak hanya proses belajar dan mengajar saja yang terganggu, namun pelaksanaan kegiatan sekolah berubah dan tidak sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan sebelumnya. Langkah yang ditempuh mencgah penyebaran virus corona di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran e lerning sesuai dengan konsep sebelum pandemi covid 19 yaitu yang disebut pembelajaran mandiri. Penerapan pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu program atau aplikasi pembelajaran karena pembelajaran mandiri tidak terlalu mengejar capaian yang dipaksakan pembelajaran membutuhkan waktu secara proses.Â
Tantangan pembelajaran daring adalah ketersediaan layanan internet, sebagian mahasiswa mengakses internet menggunakan layanan seluler. Ketika kebijakan pembelajaran daring yang diterapkan di lingkungan masyarakat Indonesia. Tantangan lain yang dihadapi dalam pembiayaan pembelajaran daring. Efektivitas pembelajaran daring dalam memutus penyebaran covid 19 yang dapat diakses dengan jaringan internet. Dengan pembelajaran daring tidak terdapat kendala waktu dan tempat.Â
Pengguna aplikasi online mampu meningkatkan kemandirian belajar dan terhadap daerah-daerah yang pelosok dan tidak mempunyai akses internet baik dari pelaksanaan pembelajaran daring menunjukan kecenderungan berbeda. Dan pembelajaran daring mungkin adanya interaksi melalui web walaupun mereka berada ditempat jauh yang berbeda. Pembelajaran daring dapat membuat belajar mandiri dan motivasinya meningkat. Namun ada kelemahan pembelajaran daring yang tidak terawasi dengan proses pembelajaran daring . Lemah sinyal internet dan mahalnya biaya kuota menjadi tantangan tersendiri pembelajaran daring. Akan tetapi pembelajaran daring dapat menekan penyebaran covid 19 .Â
DAFTAR PUSTAKAÂ
1. Andina Amalia,2020,Dampak Pandemi covid 19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia. .Jurnal psikologi volume 13 No 2 DesemberÂ
2. Ali Sadikin, 2020,Pembelajaran daring tengah wabah Covid 19, Jurnl ilmiah pendidikan biologi volume 6 Nomer 2.Â