Mohon tunggu...
Lia Nur Amalia
Lia Nur Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Desa Lebaksiu Kidul Untuk Berkegiatan Positif dan Peduli Lingkungan di Normal Baru

10 Agustus 2020   15:48 Diperbarui: 11 Agustus 2020   06:11 18 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Desa Lebaksiu Kidul Untuk Berkegiatan Positif dan Peduli Lingkungan di Normal Baru
Pelatihan Pembuatan Face Shield

Pelatihan Pembuatan Kerajinan Botol Bekas
Pelatihan Pembuatan Kerajinan Botol Bekas

Kabupaten Tegal (Senin, 10 Agustus 2020), Mahasiswa Undip melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tanggal 5 Juli – 15 Agustus 2020 dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”. KKN kali ini dilaksanakan secara individu karena adanya pandemi Covid-19, sehingga Universitas Diponegoro menyesuaikan pelaksanaan KKN berdasarkan domisili masing-masing. Desa Lebaksiu Kidul, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal menjadi salah satu lokasi KKN mahasiswa Undip.

Pada pelaksanaan KKN, selain mengajukan perizinan di Kecamatan Lebaksiu dan Balai Desa Lebaksiu Kidul, mahasiswa KKN melakukan survei lokasi dan ditemukan masih banyak warga yang tidak menggunakan masker dan tidak jaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain. Sehingga Lia Nur Amalia (22) sebagai mahasiswa KKN Undip melakukan pengabdian program kerja pertama yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 yaitu, sosialisasi secara door to door terkait pentingnya protokol kesehatan di Normal Baru dan pelatihan pembuatan face shield. Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat mampu, terampil dan dapat produktif dalam kegiatan sehari-hari di Normal Baru.

Sosialisasi Pentingnya Protokol Kesehatan di Normal Baru
Sosialisasi Pentingnya Protokol Kesehatan di Normal Baru

Hasil Pelatihan Face Shield
Hasil Pelatihan Face Shield

Penyelenggaraan pelatihan pembuatan face shield bertempat dirumah Ketua Rt.01 dan diikuti oleh ibu-ibu Rt.01/Rw.01 (18/07). Hasil dari pelatihan bersama masyarakat ini akan diberikan kepada guru-guru sekolah di Desa Lebaksiu Kidul. Adapun, diadakannya pelatihan pembuatan face shield berkaitan dengan salah satu program pemerintah yaitu gerakan disiplin nasional di Normal Baru untuk bentengi diri dari Covid-19.

Pada program kerja kedua berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu terkait inovasi program Bank Sampah. Inovasi program Bank Sampah diadakan untuk membantu pengolahan sampah di Desa Lebaksiu Kidul, serta untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih, sehat dan rapi. Program kedua ini dilaksanakan secara door to door kepada masyarakat.

Sosialiasai Inovasi Program Bank Sampah
Sosialiasai Inovasi Program Bank Sampah

Hasil Pelatihan Kerajinan Botol Bekas
Hasil Pelatihan Kerajinan Botol Bekas

Selain sosialisasi, mahasiswa Undip mengadakan pelatihan pengolahan barang bekas menjadi kerajinan seperti Pot gantung dari botol bekas. Kerajinan Pot gantung ini dapat memperindah ruangan dan memiliki nilai estetika tersendiri. Pelatihan ini dilaksanakan pada Minggu sore (2/8) bertempat di rumah Ibu Faizah selaku wakil ketua Pokja III PKK Desa Lebaksiu Kidul. Pelatihan pembuatan kerajinan Pot gantung di ikuti oleh perwakilan kader PKK Desa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x