Mohon tunggu...
Trisno Utomo
Trisno Utomo Mohon Tunggu...

Insan merdeka

Selanjutnya

Tutup

Media

Apakah Artikel Saya tak Berguna?

1 Februari 2016   07:10 Diperbarui: 1 Februari 2016   12:59 81 8 6 Mohon Tunggu...

[caption caption="Ilustrasi : LAPAN"][/caption]Artikel merupakan tulisan faktual yang lengkap tentang suatu topik dengan panjang tertentu yang dibuat dan dipublikasikan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Tentu saja bagi para Kompasianer mempublikasikannya melalui situs Kompasiana.

Sesuatu topik yang ditulis dalam suatu artikel tentu saja tidak dapat menarik semua orang untuk membacanya. Masing-masing pembaca bebas memilih artikel yang diminati untuk dibaca. Karena tujuan seseorang membaca untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang berguna bagi dirinya.

Minat membaca terkandung unsur perhatian, kemauan, dorongan dan rasa senang untuk membaca. Secara teoritis minat baca seseorang terhadap suatu bahan bacaan (termasuk artikel) tergantung pada faktor internal : (1) usia, (2) jenis kelamin, (3) intelegensi, (4) kemampuan membaca, (5) sikap, dan (6) kebutuhan psikologis; serta faktor eksternal : (1) tersedianya materi bacaan, (2) status sosial ekonomi, dan (3) pengaruh dari orang lain.

Makanya ketika suatu artikel penulis up-load di Kompasiana dan tidak mendapat respon baik dari Admin, Kompasianers, atau pembaca lainnya adalah suatu yang wajar-wajar saja. Tak perlu gundah gulana, risau tak berkesudahan. Belum tentu artikel itu merupakan artikel yang tak berguna. Dan penulis masih bisa berharap bahwa komunitas pembaca lain diluar Kompasianer akan ada yang mengapresiasi.

Seperti halnya artikel penulis “El Nino 2015 yang Mencemaskan” (Selengkapnya), yang tidak memperoleh apresiasi dari Admin (dalam bentuk predikat pilihan atau HL) dan minimnya pembaca (4 vote dan 87 klik).

Artikel tersebut ternyata ditayangkan di web-site LAPAN dengan link : http://www.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2015/2079//1130. Hal ini menunjukkan bahwa artikel tersebut lebih dibutuhkan disana, karena menyangkut cuaca dan iklim, dengan jumlah pembaca yang lebih besar, yaitu 1.278 kali.

Salam dari saya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x