Mohon tunggu...
Leya Cattleya
Leya Cattleya Mohon Tunggu... PEJALAN

PEJALAN

Selanjutnya

Tutup

Hukum Artikel Utama

"Arson", Pembakaran Properti sebagai Kejahatan Berat

26 Agustus 2020   17:44 Diperbarui: 26 Agustus 2020   21:46 779 31 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Arson", Pembakaran Properti sebagai Kejahatan Berat
Photo : Ilustrasi kejahatan 'Arson' (phys.com)

Kebakaran/Pembakaran Sebagai Peristiwa Penting 
Apapun penyebabnya, kebakaran gedung Kejaksaan Agung RI yang terjadi di hari Minggu yang lalu, 23 Agustus 2020, adalah suatu kejadian besar. 

Kejadian besar karena kebakaran itu terjadi selama 12 jam dan nyaris menghabiskan seluruh gedung. Kejadian besar karena ruang-ruang penting seperti  ruang arsip dan ruang investigasi yang menyimpan begitu banyak kasus penting di negeri ini juga habis terbakar. 

Apapun penyebabnya, kejadian kebakaran ini tentu mengundang perhatian bukan hanya khalayak di negeri ini tetapi juga masyarakat dunia.

Kita tentu perlu menunggu hasil penyelidikan dari pihak yang berwajib terkait kebakaran gedung ini. Tentu kita tidak berharap bahwa peristiwa kebakaran gedung kejaksaan RI adalah suatu kesengajaan.

Persoalan kebakaran gedung yang besar di beberapa negara maju masuk dalam kategori peristiwa penting dan perldu diinvestigasi. Dan bila terbukti bahwa kebakaran gedung dan property itu adalah disengaja, maka hukuman bagi pelanggarnya adalah serius.

Gemma Clarck pada media Conversation (5 Desember 2014) menuliskan bahwa kebakaran/pembakaran bukan hanya dikenal sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu saja tetapi juga bisa menjadi alat yang efektif untuk melakukan kejahatan kolektif.

Dan, selama berabad abad, kebakaran yang disengaja adalah menghancuran sesuatu (yang biasanya bukan miliknya).

Baik itu kebakaran hutan untuk alasan ladang berpindah, atau kebakaran/pmebakaran gedung atau bahkan kota seperti di masa Nero pada tahun 64 setelah masehi, kebakaran/pembakaran kota London di tahun 1666, dan kebakaran/pembakaran kota New York di tahun 1835 serta kebakaran/ pembakaran kota Chicago di 1871, dan juga kebakaran/pembakaran Boston di tahun 1872 merupakan contoh peristiwa kebakaran yang ada di dalam sejarah dunia. Selain kehancuran kota, banyak korban jiwa juga dicatat.

Terdapat pandangan bahwa kebakaran/pembakaran yang besar, pada umumnya tidak hanya melibatkan kepentingan individu, tetapi kepentingan besar, termasuk kepentingan politik.

Untuk itu, di beberapa negara maju seperti Amerika, Inggris dan Australia, peristiwa kebakaran menjadi perhatian serius. Kejahatan pembakaranpun punya porsi perhatian yang sangat besar.

"Arson": Kejahatan Pembakaran yang Diberi Ganjaran Berat 
Peristiwa kebakaran dan pembakaran sering disebut 'Arson'. Kejahatan 'Arson' dinilai sebagai kejahatan kompleks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x