Mohon tunggu...
Leya Cattleya
Leya Cattleya Mohon Tunggu... PEJALAN

PEJALAN

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Siapa Pahlawan Generasi Millenial Kita?

10 November 2019   22:10 Diperbarui: 11 November 2019   07:53 0 20 12 Mohon Tunggu...
Siapa Pahlawan Generasi Millenial Kita?
Ilustrasi Pahlawan Bagi Millenium (Foto : mobilecause.com)

Hari Pahlawan 10 November 

Setiap 10 November, dari anak sekolah sampai pegawai kantor merayakan Hari Pahlawan. Hari Pahlawan yang ditetapkan berdasar Keputusan Presiden 316 tahun 1959 ini merupakan hari besar nasional yang bukan hari libur.

Yang menarik, Hari Pahlawan juga bertepatan Hari Sains Internasional atau World Science Day for Peace and Development yang punya misi mendorong agar kita makin mengunakan sains dalam hidup kita. 

Bagaimana bila kita gunakan sains, termasuk sains berbasis psikhologi untuk membincang cara kita mendiskusikan Hari Pahlawan? 

Sebagai bagian dari sejarah, pada 10 November 1945 terjadi pertempuran arek arek Surabaya dengan tentara Belanda. Pertempuran itu dimulai dari meninggalnya Jenderal Mallaby yang merupakan tentara sekutu pada 30 Oktober 1945.

Meskipun meninggalkan kontroversi, kematian Jenderal Millaby menimbulkan kemarahan tentara sekutu. Tentara sekutu meminta semua arek Surabaya menyerahkan senjata. Tentu saja ini ditolak oleh arek arek Surabaya.

Akhirnya terjadilah pertempuran yang memakan ribuan nyawa orang Indonesia. Suatu pertempuran besar. 0Puncak dari pertempuran itu terjadi ketika pasukan Indonesia yang dipimpin Bung Tomo menaiki gedung Oranje dan mengganti bendera Belanda dengan bendera Merah Putih. Peristiwa heroik ini menjadi tonggak perlawanan Indonesia kepada Belanda dan sekutu.

Siapa Pahlawan Kita? 

Pahlawan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani (id.Wikipedia.org) .

Kementrian Sosial RI memiliki Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2019. Pedoman itu menetapkan bahwa peringatan Hari Pahlawan hendaknya bukan hanya seremonial saja, tetapi mengambil makna yang ada.

Adapun tema peringatan Hari Pahlawan 2019 adalah "Aku Pahlawan Masa Kini". Diharapkan semua manusia Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing masing.

Karena kebetulan saya sedang berada di luar kota, secara tidak sengaja saya melihat acara televisi nasional. Beberapa stasiun televisi memutar film film tentang pahlawan buatan tahun 1970an, di antaranya yang dibintangi Sukarno M Noer.

Saya tidak mengingat judul film itu. Hanya saja saya sempat terlintas di kepala saya "Siapa yang saat ini ingat Soekarno M Noer? Apakah generasi muda ada yang tahu tokoh pahlawannyang diperankan Soekarno M Noer itu?".

Juga, apa yang ada di kepala anak anak generasi milenial dan generasi yang lebih muda? Jangan jangan, di kalangan generasi Baby Boomer pun, cuma sedikit yang masih hapal nama nama pahlawan kita. Apalagi generasi X dan Y. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4